Hasil Tangkap Nelayan Anambas Meningkat Meski di Masa Pandemi

0
94

Independennews.com, Anambas – Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan, Syamsu Herman menyampaikan hasil tangkapan nelayan tetap mengalami peningkatan.

“Hasil penangkapan ikan meningkat sekian persen, tapi tidak terlalu besar, karena tidak dapat dipungkiri juga nelayan kita sekarang ini terkendala dengan pandemi Covid 19,” ujar Syamsu kepada wartawan, Jumat (28/05/21) saat ditemui diruang kerjanya.

Syamsu mengatakan data tersebut sesuai dengan data statistik pada sistem pencacahan.

“Tidak semua nelayan yang diambil datanya, namun ada rumus-rumus dan data sampling di setiap daerah tertentu,” ungkapnya.

Di samping itu, Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) mencatat hasil penangkapan ikan yang terus meningkat seperti dilihat dari ekspor ikan diluar daerah yang terus mengalami peningkatan.

Penanggung Jawab Wilker KIPM Anambas, Ramadhani ketika dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, ekspor ikan yang dilakukan setiap tahunnya tidak mengalami penurunan yang signifikan.

“Pengiriman tidak tentu juga, kadang-kadang 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Tergantung pihak kapal,” tuturnya.

Ramadhani juga mengatakan ikan yang didapatkan juga tidak menentu, tergantung musim dan cuaca. Sedangkan untuk pengiriman muatannya berada di kisaran 15-40 ton.

“Untuk pengiriman rata-rata dikirim di Tanjung Pinang, Batam, Kijang, Palembang, Pontianak dan Jakarta,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi dari produksi kelautan dan perikanan Kab. Kep. Anambas, masih dapat ditingkatkan melalui potensi lestari menurut data potensi MSY sebesar 88.792,20 ton/tahun. Hal itu sesuai Pendekatan Komnaskajiskan (Kepmen KP Kep.45/MEN/2011) dengan berbagai jenis ikan.(RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here