Gandeng Umrah, Pemkab Lingga Teken Nota Kesepahaman Desa Binaan

0
368
Foto : Bupati Lingga M Nizar saat menerima kunjungan silaturahmi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang, Kamis (10/3/22) bertempat di ruang rapat VIP Kantor Bupati Lingga.

IndependenNews.com, Lingga | Pemerintah Kabupaten Lingga, menyambut kunjungan silaturahmi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang, Kamis (10/3/22) bertempat di ruang rapat VIP Kantor Bupati Lingga.

Kunjungan tersebut sekaligus menandatangani nota kesepahaman sebagai dukungan dari universitas dengan program-program strategis pemerintah daerah dalam bentuk Desa Binaan.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyambut baik inisiasi kolaborasi ini. Karena memang, dinilai tepat dalam menunjang dan membantu program-program strategis yang tengah digiatkan pemerintah saat ini. Seperti peningkatan sektor UMKM dan perikanan.

Salah satu sektor perikanan yang dinilai sedang dalam pantau pihak universitas adalah pembudidayaan teripang di Desa Benan. Budidaya ini dilakukan pihak universitas berkerjasama dengan PT Innovare yang sudah masuk tahun ketiga.

“Kami menyambut baik program-program seperti ini karna saya tidak bisa bekerja sendiri dan sangat butuh kolaborasi,” kata dia.

Lebih lanjut, dalam implementasi Desa Binaan nanti harus benar-benar mampu merubah mindset masyarakat, bahwa bantuan itu sifatnya hanya simultan sebagai stimulus dalam usaha. Namun keberlangsungannya harus dapat diperhatikan agar program ini tidak putus ditengah jalan.

Sebab ini, pembangunan ekonomi berbasis kompetensi, jadi diharapkan setiap desa bisa menghasilkan satu produk unggulan.

Dia berharap, progam ini segera ditindaklanjuti secara teknis dari OPD, yang terikat MoU, yakni Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Disperindag UMKM, Disnakertrans, Dinas Perikanan yang hadir pada pertemuan.

“Permasalahan yang saat ini adalah maindset masyarakat yang membuat program tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan hal ini juga harus menjadi perhatian, bisa dengan cara berupa sosialisasi kepada masyarakat secara intens,” papar dia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Umrah, Dr T Ersti Yulika Sari, mengatakan kedatangannya bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Dekan Fakultas Teknik serta beberapa staff mengatasnamakan Umrah yang sengaja datang untuk membantu secara nyata program prioritas pemerintah daerah Kabupaten Lingga, salah satunya dalam pembinaan SDM.

Program ini, merupakan tindak lanjut dari implementasi yang selama ini dilakukan hanya sebatas riset. Namun akan lebih bermanfaat jika dapat direalisasikan, dan tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Lingga.

“Jadi, hari ini kami melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS), untuk lebih mengikat lagi. Sehingga kedepannya bisa lebih memberikan kontribusi dalam banyak hal,” papar dia.

Seperti dari Fakultas Ekonomi bisa dalam pengembangan UMKM yang sudah ada untuk menjadi lebih baik, dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan bisa memberikan diversifikasi olahan produk perikanan, sehingga dapat menjadi produk unggulan, dan dari Fakultas Teknik bisa memberi improvisasi beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Intinya kita membantu program prioritas dari pak bupati, sehingga itu bisa tercapai tepat waktu,” jelas dia.

Rencana dari program ini juga akan dilakukan, mengikuti permintaan daerah. Desa Binaan ini juga bisa di asistensi oleh Umrah melalui program KKN Tematik Mahasiswa.

“Tergantung arahan pak bupati, bisa dengan KKN mahasiswa dan program yang harus kami berikan untuk daerah. Kerena pembangunan dan potensi daerah dimulai dari desa,” jelas dia.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here