DPRD Anambas Bahas Ranperda Badan Penanggulangan Bencana Daerah

0
84

INDEPENDENNEWS.COM, ANAMBAS -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepukauan Anambas menggelar rapat Paripurna tentang penyampaian Ranperda Badan Penanggulangan Bencana Daerah, pada Kamis (9/5/19) bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD KKA (Lantai I), Jl. Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Rapat Paeipurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD KKA Imran dan dihadiri antara lain : Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra Sekda KKA M. Sahtiar, Asisten II KKA Catherine, Kasat Intel Polres KKA Iptu Buskardi, Mewakili Danlanal Tarempa Peltu Mardiyanto, Plh Danramil 02 Tarempa Peltu Amrul, Perwakilan Kacabjari KKA Dendy Jaurdi, Sekretaris DPRD KKA Taufik Efendi, Wakil Ketua I DPRD KKA Syamsir Umri dan perwakilan Fraksi Partai Politik, OPD KKA.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD KKA Imran mengatakan, pada rapat paripurna pembahasan tentang Perda Badan Penanggulangan Bencana Daerah, kehadiran anggota DPRD telah memenuhi korum lengkap 20 anggota. Untuk itu, Kata Imran, rapat bisa dilaksanakan terbuka oleh umum.

Dikatakan Imran bahwa Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat serta efektif dan efisien. Dan diperlukan Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh.

Sementara itu, Anggota DPRD KKA Fraksi PDIP Yusri menyampaikan, bahwa terkait pembentukan Penanggulangan Bencana Daerah sangat perlu dibentuk.

Menurutnya bencana alam merupakan peristiwa yang tidak diinginkan. Namun manusia kurang menjaganya sehingga menimbulkan kerugian itu sendiri. Peristiwa itu harus dapat di atasi dengan pembangunan fisik untuk mengatasi kejadian bencana alam.

“Perda tentang penanggulangan bencana Alam sudah tertuang dalam peraturan perundang undangan. Seperti kita ketahui saat ini, Anambas sangat mungkin terjadi bencana. Kita berharap agar ditelaah sebaik baiknya, karena didalam alinea ke 4 dikatakan penanggulangan dilaksanakan pemerintah daerah bersama komponen bangsa untuk melindungi segenap bangsa terhadap bencana, telah dituangkan dalam undangan 24 tahun 2007

“Badan Penanggulangan Bencana daerah sudah tertuang dalam peraturan. Sebagai acuan dalam pembentukan Badan penanggulangan bencana dan mekanisme penanggulangan bencana daerah. Melakukan kerjasama dengan TNI Polri yang tergabung dengan SKPD memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai bencana masyarakat.” Ujarnya

Kemudian Fraksi PBB Firman Edi mengatakan, dalam Ranperda Bencana alam nantinya agar memasukkan pasal pasal tentang wewenang Pemda mengenai hal hal yang diatur seperti Perlindungan masyarakat terhadap bencana alam, Resiko terhadap terjadinya bencana alam, Jaminan masyarakat yang tertimpa Bencana, Pemulihan masyarakat yang tertimpa Bencana, Cadangan pangan yang disediakan pada bencana alam.

“Dengan pembentukan Ranperda ini masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dalam penanggulangan bencana alam. Pemetaan daerah yang rawan terjadinya bencana agar dapat dilaksanakan antisipasinya.

Sementara itu, Fraksi Amanat Karya Indonesia Raya (AKIR) Jasril mengatakan, bahwa mengenai Penanggulangan Bencana pemerintah harus lebih tanggap dengan penyampaian kepada masyarakat,. jika terjadi bencana, sehingga dapat memberikan antisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kab. Kep. Anambas.

Menangapi usulan dari Setiap Fraksi, Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra, pihaknya mengapresiasi para dewan yang telah menyetujui Ranperda Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Ranperda Kuta Siantan.

” Pada setiap Fraksi pada dasarnya menyampaikan setuju terhadap Ranperda untuk dibahas ketingkat selanjutnya. Kami ucapkan terimakasih atas sikap politik nya, yang mana kita secara sama sama memberikan perhatiansebelum disahkannya Perda. Selanjutnya pemimpin pejabat yang ditugaskan agar ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan dewan.” ujarnya sekaligus menutup Rapat. (Asnizar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.