Dinas Parawisata Karimun Gelar Mandi Saafar, Bupati Rafiq : Upaya Melestarikan Budaya

0
48

INDEPENDENNEWS.COM, KARIMUN – Dalam rangka memperingati  Hari jadi Kabupaten Karimun ke 20 Dinas Pariwisata Seni Budaya Kabupaten Karimun  menggelar upacara mandi safar Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Anwar Hasyim, pada Minggu (27/10/19) di Pantai Pelawan, Kecamatan Meral Barat.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Seni Budaya Kabupaten Karimun Zamri mengatakan, upacara mandi safar ialah salah rangkaian kegiatan peringatan HUT Kabupaten Karimun ke 20, yang seharusnya upacara mandi safar dijadwalkan akan dilaksanakan pada Kamis 24 Oktober 2019. Tapi karena bupati sedang ibadah umroh kegiatan tersebut diundur.

“Ya, waktu pak bupati bisanya sekarang sehingga hari ini digelar,”Ujar Zamri

Lanjutnya, mandi safar merupakan tradisi  yang biasa dilaksanakan menjelang berakhirnya bulan Safar. Upacara  mandi safar  sebagai ajang silaturahmi sekaligus memperkenalkan tradisi Melayu kepada generasi muda.

“Kita ingin budaya melayu tidak punah, sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa dibudayakan kedepan oleh Generasi muda kita, Kegiatan ini merupakan rangakaian acara peringatan HUT  Kabupaten Karimun ke 20 yang didukung 757 relawan. ”Ucapnya

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi Dinas Pariwisata dan  masyarakat turut terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan mandi safar dapat menjalin silaturahmi dan sekaligus melestarikan tradisi Mandi safar sebagai bagian dari Budaya Melayu. Dan kita harapkan Dinas Pariwisata kabupaten Karimun dapat menjadikan kegiatan mandi safar sebagai agenda kegiatan tahunan,”kata Rafiq

Rafiq menambahkan, upacara  mandi safar kali ini merupakan yang pertama kali digelar Dinas pariwisata Karimun dengan  melibatkan masyarakat.

“Kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan Saiful Anam atau cukur rambut, kedepan mandi safar bisa dilaksanakan berpinda pindah diluar  pulau Karimun seperti di kecamatan  Moro dan kecamatan Moro,” tutupnya. (01G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.