Camat Kepulauan Posek Berharap Gubernur Kepri Segera Berikan Rekomendasi Desa Bendahara Jadi Desa Definitif

0
84
Foto : Keramba Ikan Kerapu di Desa Bendahara di Kecamatan Kepulauan Posek, Lingga Kepulauan Riau.

Independennews.com, Lingga | Desa Persiapan Bendahara kecamatan kepulauan Posek, optimis desanya menjadi desa Difinitif dikawasan pemerintahan Kabupaten Lingga.

Dengan kemandiriannya yang kini telah mampu mengembangkan perekonomian masyarakat dengan pola pengembangan pembudidayaan ikan kerapu cantang, dengan cara kerambah yang dikelola olah pemuda dan masyarakat di Teluk Nipah atau pulau Bendahara.

“Kami layak dan siap menjadi Desa definitip dengan kemandirian perkembangan ekonomi lokal dalam mengembangkan Budidaya ikan di Desa dengan sumber Dana Desa untuk memberi Pendapatan Desa nantinya. Ketika kami sudah menjadi Desa Definitip yakin dan percaya, Desa kami lebih baik kedepan dalam pengelolaan Dana Desa menuju Desa Mandiri dengan pemanfaatan Potensi Alam yang kami miliki,” ucap Irak selaku Selaku sekretaris Desa Persiapan Bendahara lulusan sarjana perikanan ini kepada awak media ini, pasda Rabu (15/9/2021)

Irak mengungkapkan, bahwa pihaknya saat ini sudah siap panen kerapu perdana dengan beberapa kelompok desa maupun pemuda setempat, diperkirakan lebih kurang hampir 1 ton hasilnya, namun pasca PPKM saat ini harga kerapu turun.

“Karena itu kami menunda untuk memanennya di kerambah,”tutup Irak

Sementara itu, Camat Kepulauan Posek Sutarman mengatakan bahwa pihaknya telah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lingga agar lebih cermat dan teliti dalam penilaian verifikasi kelayakan desa persiapan menjadi Desa Definitip dengan beberapa indikatornya.

“Desa Persiapan Bendahara Siap Menjadi Desa Definitip dengan faktor kemandiriannya yang telah ditunjukkan dalam pengembangan ekonomi masyarakat setempat dengan upaya pembudidayaan ikan Kerapu Cantang sebagai tabungan masa depan masyarakat dan pemuda.

Sutarman juga berharap Kepada Gubernur Kepulauan Riau dapat segera memberikan Rekomendasinya dalam hal Desa Bendahara yang saat ini berstatus desa Persiapan dapat segera menjadi Definitif di kawasan
wilayah Kecamatan Kepulauan Posek.

Mengingat, Kata Sutarman, Daerah ini ini masih serba kekurangan fasilitas, maupun jarak tempuh dikarenakan antar pulau menjadi kendala secara birokrasi pemerintahan.
“Meskipun demikian kami mampu untuk memberikan keyakinan bahwa Desa kami siap bersaing dengan Desa lainnya di Kabupaten Lingga ini.” ujar camat kepulauan Posek. ( juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here