Bupati Surya Beri Bimbingan Pada Orientasi Unsur Mabi dan Mabiran Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan

0
85

IndependenNews.com, Asahan | Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Asahan menggelar Orientasi Unsur Majelis Pembimbing (Mabi) dan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan, Selasa (7/12/21) Bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Dalam kegiatan orientasi ini, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara H. Nurdin Lubis, menyampaikan, bahwa tujuan gerakan pramuka adalah untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian.

“Seperti beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmanindan rohani serta menjadikan warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarkat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungan hidup,”ujarnya

Selain itu, Kata Nurdin, tujuan pendidikan kepramukaan adalah untuk proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yang mencakup keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

“Selain itu juga menanamkan rasa kecintaan kepada alam semesta dan manusia, kecintaan kepada tanah air dan bangsa, kedisiplanan, keberanian dan kesetiaan, tolong menolong, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata dan berbuat, hemat, cermat dan bersahaja, rajin, terampil dan gembira, patuh dan suka bermusyawarah,”tukasnya

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Asahan menyampaikan materi tentang fungsi Mabi dalam memberi bimbingan dan bantuan konsultasi kepada kwartir yang bersangkutan agar dapat memecahkan masalah-masalah moral, mental dan psikologis.

Selain itu, juga memecahkan masalah-masalah organisatoris, termasuk meningkatkan jumlah dan mutu anggota Gerakan Pramuka, memecahkan masalah-masalah material, termasuk usaha memperoleh fasilitas, dana dan sarana serta menjalankan segenap usaha yang berkaitan dengan masalah-masalah finansial, terutama usaha untuk mengumpulkan dana, agar dapat memperoleh subsidi dan pemberian lain dari masyarakat yang tidak bertentangan dengan AD/ART Gerakan Pramuka dan yang terakhir menyampaikan aspirasi masyarakat untuk pengembangan pendidikan Gerakan Pramuka.

“Kepada para Camat se-Kabupaten Asahan untuk turun bergerak dalam membina gerakan pramuka di wilayahnya dan ini akan menjadi salah satu point buat saya dalam mengevaluasi para Camat. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here