Bupati Rafiq Pastikan RSUD Muhammad Sani dan RSBT Siap Layani Pasien  Covid

0
72

 

Independennews.com  Karimun – Guna memastukan Ketersediaan dan kondisi Ruangan pengobatan Pasien Covid 19, Bupati Karimun, Aunur Rafiq, turun langsung meninjau Rumah Sakit Muhammad Sani, pada Sabtu (24/7/21).

Peninjauan RS Muhammad Sani yang dilakukan orang nomor satu di Karimun ini menyusul meningkatnya angka terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun.

Pantauan Awak media ini, pada kediatan itu Bupati Karimun di dampingi Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat, Sekda Karimun Muhd. Firmansyah dan Kadis Kesehatan Rachmadi.

Pada kesempatan itu ada dua Rumah Sakit yang ditinjau langsung oleh Bupati bersama rombongan yakni RSUD M. Sani dan RSBT.

Keggiatan peninjauan ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Kaeimun guna menekan dan mengantisipasi lonjakan pasien Covid 19.

“Kita tidak ingin disaat banyak pasien ruangan pengobatan dan kondisi tidak siap atau kurang enak ditempati, orang sakit harus mendapat perhatian yang serius, dan kondisi ruangan juga harus seteril. Karena itu kita lakukan pemantauan, ini merupakan perjuangan kita menekan penyebaran pandemi Covid 19,” ujar Politisi Golkar itu kepada media.

Di RSUD, sambung Rafiq, saat ini telah tersedia 72 tempat tidur dengan adanya perubahan IGD dan ruang serbaguna maka dapat tambahan ruang isolasi sebanyak 26 tempat tidur di RSUD M. SANI.

”Dengan kondisi itu, akan ada beberapa penambahan tenaga di RSUD, nanti kita akan melibatkan 12 orang tim relawan yang akan kita rekrut dari kepemudaan, yang nantinya akan membantu satpam mengatur pasien dan keluarga yang datang sehingga tidak terjadinya antrian yang menumpuk,” kata Rafiq

Lebih lanjut Rafiq menyampaikan, keberadaan rumah sakit swasta tentunya sangat berperan penting dalam penanganan Covid di kabupaten Karimun.

“RSBT dalam situasi saat ini telah menyediakan sebanyak 20 tempat tidur, setelah bertemu pihak RSBT, Direktur RSBT akan mengupayakan Penambahan sekitar 10 sampai 12 tempat tidur,” ujar Rafiq

Dalam penaganan Pasien Covid 19, Bupati Karimun mendorong pihak RSBT untuk merekrut tambahan tenaga untuk dilatih pemulasaran jenazah, karena tenaga medis dikonsentrasikan untuk melayani pasien sakit biasa, pasien Covid-19 dan tenaga medis banyak yang terpapar.

Kepada masyarakat, Rafiq berpesan agar kerabat pasien yang dirawat atau yang meninggal agar mempercayakan kepada pihak rumah sakit apa bila sudah dinyatakan positif Covid-19. sehingga tidak membahayakan keluarga yang lain. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here