Bersempena dengan HUT Kabupaten Kepulauan Anambas, Kelompok Inspirasi of Anambas Gelar Lomba Cerita Rakyat Anambas

0
78

Independennews.com, Anambas –Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan daerah kepulauan yang dihubungkan oleh lautan dan memiliki kekayaan nilai kebudayaan dengan cerita-cerita rakyat yang sangat beragam.

Konon Cerita rakyat penuhi kwhidupan masyarakatnya seperti legenda, mitos, hingga fakta sejarah walau tidak tetulis namun banyak di perbincangkan masyarakatnya, akan tetapi ikut serta punah dan hilang bersama dengan sumber sejarah (orang-orang tua terdahulu) yang memiliki keterbatasan usia.

Generasi muda pada saat ini masih dinilai minim dalam menulis dan memberikan ide-ide yang persuasif dalam memajukan Anambas. Fakta ilmiah menyatakan bahwa faktor sarana atau fasilitas mampu menstimulan generasi muda untuk lebih berkarya serta mencetak generasi emas yang cinta akan nilai-nilai sejarah.

Berdasarkan pemikiran diatas kelompok Inspirasi of Anambas mengadakan lomba menulis cerita rakyat Anambas dengan output yaitu sebagai akselerasi generasi muda yang cinta akan nilai-nilai sejarah kedaerahan.

Adapun kegiatan ini mengambil moment HUT Kabupaten Kepulauan Anambas dan ditargetkan pengumuman dan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba akan disejalankan pada event Festival Padang Melang (26 s.d 28 Juli 2018 mendatang.

Kriteria dan Persyaratan Lomba :
Cerita rakyat yang ditulis merupakan cerita asli dari masyarakat, boleh berupa legenda, mitos, sejarah atau apapun yang berhubungan dengan sejarah Anambas, bukan berupa opini atau karangan;

Penulis boleh berasal dari semua kalangan tanpa terkecuali;
Tulisan ini akan dinilai oleh Dewan Penilai yang sudah ditunjuk oleh panitia;

Tulisan yang telah diserahkan menjadi milik panitia;
Pemilihan pemenang adalah keputusan mutlak Dewan Penilai dan tidak dapat diganggu gugat;

Untuk cerita-cerita menarik akan dikumpulkan menjadi sebuah buku dan disumbangkan keperpustakaan daerah.

Format Penulisan :
Tipe File : doc (Ms. Word)
Jenis Huruf : Time New Roman
Ukuran Huruf : 12
Paragraf : 1,5
Ukuran Kertas : F4
Minimal 4 lembar dan maksimal 6 lembar

Hadiah untuk pemenang:
Juara I : Tropi, Sertifikat dan Uang Tunai Rp. 2.000.000,-
Juara II : Tropi, Sertifikat dan Uang Tunai Rp. 1.500.000,-
Juara III : Tropi, Sertifikat dan Uang Tunai Rp. 1.000.000,-
Harapan IV : Sertifikat dan Uang Tunai Rp. 500.000,-
Harapan V : Sertifikat dan Uang Tunai Rp. 300.000,-

Penyerahan tulisan tersebut diserahkan paling lambat pada tanggal 15 Juli 2018 melalui email armanda.fitrian@gmail.com dan konfirmasi ke nomor 0823 8666 0100 / 0823 9006 0587.

Pengumuman lomba dapat juga di download pada website resmi pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Penilaian dan hingga penentuan pemenang lomba akan langsung dilakukan oleh Dewan Penilai yaitu Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Ketua Lembaga Adat Melayu Anambas serta Perwakilan dari Tokoh Masyarakat. Mari kita ramaikan dan berpartisipasi dalam lomba tersebut diatas. ( FD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.