Berhasil Ubah Sampah Plastik Menjadi BBM, Pemkab Asahan Diharapkan Bantu Fasilitasi Sayudi

0
197

ASAHAN, INDEPENDENNEWS.COM –Penelitian yang dilakukan M Sayudi (57), warga Desa Mekar Sari Kec. Buntu Pane Asahan berhasil menemukan teknologi baru yang bisa mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Penelitian yang dilakukan sejak tahun 2019 dengan cara otodidak oleh pensiunan perkebunan BUMN tersebut berhasil membuat 1 Kg sampah plastik menjadi 0.7 liter BBM. 0.7 liter BBM tersebut terdiri dari 60 % solar, 15 % minyak lampu, dan 25 % bensin. “saya menghabiskan biaya sekitas 8 jutaan untuk menciptakan mesin tersebut setelah 5 kali melakukan percobaan. Saat ini mesin tersebut masih seadanya, soalnya modal saya terbatas”, ujar Sayudi saat ditemui awak media, Sabtu (8/3/2020).

Sayudi juga menuturkan, walau dirinya tidak memiliki latar akademisi namun dia cukup prihatin dengan banyaknya tumpukan sampah plastik yang berserakan. “saya mendapat informasi bahwa ada kandungan minyak dalam sampah plastik, dari situ saya berpikir untuk memanfaatkan sampah tersebut menjadi Bahan Bakar Minyak”, terang Sayudi. Dari beberapa percobaan yang dilakukan, Sayudi memperoleh caya untuk mengubah sampah plastik menjadi senyawa lain melalui proses pirolisis. Setelah melalui proses tersebut dirinya melakukan pemisahan senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh mesin tersebut hingga menjadi BBM murni.

“setidaknya perlu waktu sekitar 6 jam untuk memproses limbah plastik agar menjadi cairan BBM dan gas serta residu berupa padatan. Gas yang tidak terkondensasi juga diharapkan sebagai bahan bakar”, tutur Sayudi. Dirinya juga menuturkan bahwa BBM dari hasil percobaan tersebut telah diuji coba ke sepeda motor miliknya dan sepeda motor tersebut dapat berfungsi dengan baik serta tidak memperoleh masalah.

Ditanya terkait kesediaan Sayudi agar hasil penemuannya tersebut diuji ke laboratorium, Sayudi mengiyakan dan berharap agar Pemerintah khususnya Pemkab Asahan dapat memberi dukungan baik moril maupun materil dalam proses produksi BBM lewat mesin miliknya.(SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here