BCA Blitar Bersama Menparekraf Dorong Ekonomi Kreatif Melalui Desa Wisata

0
58
Foto : Kepala Cabang Bank BCA Blitar Agus Setio Budiman (baju biru nomer dua dari kanan) saat memberikan penghargaan kepada Desa Wisata Semen. (foto : istimewa)

IndependenNews.com, Blitar (Jatim) | Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 merupakan ajang meningkatkan potensi wisata yang diinisiasi oleh Kementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA).

Dimulai pada 2021, PT Bank Central Asia Tbk juga menyelenggarakan ‘BCA Desa Wisata Award’, yakni sebuah penghargaan yang memberikan kesempatan bagi desa wisata di Indonesia untuk mempromosikan potensi wisatanya. Sebanyak 464 desa wisata mengikuti kompetisi tersebut. Termasuk Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang kemarin Rabu (29/6/2022) dikunjungi Mas Menteri sapaan akrab Menparekraf.

Kata Kepala Cabang Bank BCA Blitar Agus Setio Budiman, penyelenggaraan ‘BCA Desa Wisata Award’ ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi desa-desa wisata dengan potensi wisata yang menarik. Adapun BCA memiliki program solusi bisnis unggul yang merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas, dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali.

“Desa Wisata Semen ini menjadi juara 3 dari 400 Desa dalam kategori kreatif , kategori kreatif itu apa? yang sebenarnya kayak tidak ada apa apa. Tetapi, karena warganya luar biasa itu menjadi apa apa,” kata Agus.

“Contohnya, seperti sampah menjadi berkah. Adanya Bank Sampah, kemudian dikelola menjadi sesuatu yang luar biasa. Lainnya buah nanas diolah menjadi produk UMKM dan hasilnya dipamerkan sekarang ini. Tambah lagi, seperti kotoran sapi diolah menjadi biogas dan pupuk. Lalu juga ada outbond,” lanjutnya.

Lebih lanjut Agus menginformasikan bahwa Desa Wisata Semen ini menjadi juara ke-3 di tahun 2021 dari 400 yang mengikuti ‘BCA Desa Wisata Award’ kategori kreatif. Sehingga, kali ini terpilih menjadi 50 ADWI 2022 dari 4000 desa yang mengikuti.

Dikatakannya, untuk satu tahun kedepan, BCA berkolaborasi dengan Kemenparekraf membina 12 desa dan 10 desa wisata binaan BCA, termasuk Desa Wisata Semen ini dalam bentuk pelatihan, menajemen marketing, pengadaan sarana dan prasarananya.

Kemudian Agus membeberkan, BCA akan memberikan pendampingan intensif untuk pengembangan pengurus desa agar mampu melestarikan kawasannya. “Hal ini kami lakukan juga sebagai bentuk dorongan terhadap pemulihan ekonomi nasional khususnya bagi warga lokal,” tandasnya.(jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here