Bantuan Bibit Jagung dan Pencetakan Embung Skala Prioritas Desa Sitompul

IndependemNews.com, Taput | Kepala Desa Sitompul, Kec.Siatas Barita, Kab.Tapanuli Utara (Taput), Sumut Mula Sitompul Kamis (31/8/2023) menyampaikan 20% dari Dana Desa tahun ini diperuntukkan untuk program ketahanan pangan sesuai dengan program kementerian.

Diterangkan 20% dari Dana Desa tersebut sekitar Rp.130 juta, dimana anggaran tersebut diperuntukkan untuk pemberian bibit jagung kepada warga serta pencetakan embung.

“20 persen dari Dana Desa diprogramkan untuk ketahanan pangan, dengan peruntukan pemberian bibit jagung serta pencetakan embung”terang Mula Sitompul.

Menurut Kades, pemberian 2kg bibit jagung untuk setiap Kepala Keluarga(KK) adalah untuk memacu supaya masyarakat lebih bergiat untuk mengolah lahan pertanian. Sehingga dengan demikian tidak ada lagi alasan warga, bahwa bibit jagung tidak ada atau harganya mahal

Mengacu dari sebagian warga yang telah bertani jagung dan terbilang berhasil, Mula Sitompul berharap pemberian bibit jagung tersebut bisa menambah penghasilan perekonomian warga Desa Sitompul.

Sementara pencetakan embung, direncanakan untuk menjadikannya sebagai objek wisata. Sebab menurut Kades dengan panjang sekitar 900m dan lebar 80m sangat dimungkinkan menjadikannya sebagai agro wisata desa Sitompul.

“Kalau dinaikan itu sekitar 3 meter, sementara panjang 900 meter dan lebar yang diapit gunung ada 80 meter, sudah pasti ada pengunjung”Imbuh Kades

Pantauan dilokasi, pemberian bibit jagung selain dihadiri oleh warga desa Sitompul, juga dihadiri oleh Camat Siatas Barita Erianto Sitompul, Babinsa Sertu Husin A.Tanjung dan Babinkamtibmas Aipda Liston Siagian
(Maju Simanungkalit)

You might also like