Bangunan Menara Tower di Sei Pelunggut Timbulkan Keresahan Warga, Pemilik Tower Diduga Langgar Kesepakatan

0
420

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Bangunan menara tower milik salah satu perusahan di Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, meresahkan warga sekitar, pasalnya bangunan setinggi 30 meter itu sangat dekat dengan pemukiman masyarakat.

Masyarakat sekitar kepada Awak Media ini menyampaikan, bahwa bangunan menara tower tersebut menimbulkan kekawatiran dan kepanikan bagi warga sekitar terutama saat hujan lebat turun disertai petir dan angin kencang.

“Pembangunan menara tower ini tidak sesuai dengan kesepakatan awal dengan warga,” ujar Boby salah satu warga yang rumahnya sangat dengan bangunan Menara Tower.

Sebelum pembangunan tower dilaksanakan, sambung Boby, pihak perusahaan menyampaikan kepada warga, bahwa bangunan menara tower yang akan dibangun berukuran kecil, namun berbeda dengan pelaksanaan dilapangan.

” Yang dibanguan malah tower yang berukuran besar.” ujar Boby

Senada dengan Boby, warga lainnya juga menyampaikan bahwa rencana awal pendirian tower ini ada pihak yang mendatangi warga dan menyampaikan, bangunan tower yang akan dibangun dilingkungan pemukiman warga adalah tower ukuran kecil.

Selain itu, lanjut Warga, perwakilan perusahaan pembangunan tower juga sempat berjanji akan membiayai pemasangan beberapa tiang listrik dipemukiman warga.

Namun, kata warga, apa yang disampaikan oleh pihak yang mengaku dari pihak pemilik tower waktu itu, tidak sesuai dengan tower yang berdiri saat ini. Dimana tower yang sudah selesai dibangun dan berdiri saat ini adalah sebuah tower berukuran sangat besar dengan ketinggian yang diperkirakan lebih dari 30 meter.

“Kalau kami tahu bahwa tower yang dibangun setinggi ini, kami tentu tidak akan pernah menyetujui pembangunan ini. Dimana dengan ketinggian bangunan tower setinggi ini kami merasa sangat tidak nyaman. Dan kami sering ketakutan saat turun hujan dan juga saat angin bertiup kencang. Kami takut bila bangun tower ini roboh dan menimpa rumah kami,” ucap warga menjelaskan kepada wartawan media ini, Kamis (06/08/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Art, atau warga yang rumahnya persis bersebelahan dengan bangun tower tersebut. Dirinya juga mengaku sangat khawatir dengan bangunan yang berdiri persis disebelah rumah miliknya.

“Sudah pasti kami takut melihat bangunan setinggi ini berada persis di samping rumah. Bahkan saat pemasangan tiang-tiang bangunan tower ini, kami harus menepi agak jauh dari rumah. Siapa yang tidak takut kalau kita melihat besi berukuran besar melayang-layang diatas rumah kita,” ucapnya.

Tambah Art, “Pada saat awal rencana pembangunan, pihak mereka waktu itu menyampaikan kepada kami, hanya akan mendirikan tower berukuran kecil. Tapi justru yang berdiri saat ini tower berukuran yang sangat besar dan tinggi,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh warga, dan juga melihat kondisi bangunan tower setinggi lebih dari 30 meter yang berdiri persis ditengah tengah dipemukiman warga, ada dugaan bahwa bangunan tower tersebut belum melengkapi beberapa perizinan.

Namun terkait kelengkapan izin dari bangunan tower tersebut, belum ada pihak, baik pihak pemilik, maupun Dinas terkait yang berhasil dimintai keterangan terkait izin dari bangunan tower tersebut.

Hingga berita ini diunggah belum ada pihak yang dapat dikonfirmasi terkait bangunan menara tower yang mencemaskan masyarakat sekitar bangunan Menara. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here