Antisipasi Cuaca Ekstrim, Polres Tanjungpinang Himbau Masyarakat Waspada

0
257

Tanjungpinang, independennews.com –Uapaya mencegah dan mengantipasi
serta meminimalisir dampak yang terjadi, baik dampak kerugian materil maupun korban jiwa karena Cuaca Ekstrim, Polres Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Himbauan kepada masyarakat, Jumat (4/1/19)

Kegiatan sosialisasi itu dilakanakan secara bersamaan oleh jajaran Polres Tanjungpinang. Bentuk kegiatan ialah pertama Sat Pol Air melakukam pemantauan aktivitas pompong penyeberangan dari pelantar kuning menuju pulau Penyengat. Kedua memberikan himbauan kepada para penambang boat, agar tidak membawa penumpang melebihi batas muat, dan saat cuaca buruk agar tidak di berangkatkan. Ketiga berkoordinasi dengan anggota BPBD terkait TRC (Tanggap Reaksi Cepat) apabila terjadi bencana atau laka laut dan agar menggunakan life jacket.

Kasat Pol Air IPTU Ryan Tri Putra, S.I.K bersama Personil dan KSOP serta BNPB Tanjungpinang melakukan pemasangan spanduk Himbauan Keselamatan menghadapi cuaca buruk di pelabuhan domestik Sri Bintan Pura dan melaksanakan koordinasi dengan pihak KSOP terkait kelaikan kapal yang akan berangkat.

Kemudian Sat Sabhara, Kasat Sabhara AKP Darmin, S. Sos berkordinasi dengan BPBD Provinsi Kepri terkait antisipasi menghadapi bencana.

Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP), Kapolsek KKP Kompol Zulkifli beserta Personil melaksanakan pemantauan seputaran pelabuhan, kemudian memberikan himbauan kamtibmas kepada kapten kapal, ABK dan Buruh Pekerja, agar selalu menjaga Koridor dalam fungsi pekerjaannya masing- masing.

Menghimbau kepada Buruh pekerja agar memperhatikan Cuaca guna keselamatan dalam bekerja serta menghimbau agar setiap Pekerja lebih memperhatikan Safety diri masing-masing untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan ( laka kerja ).

Jajaran Polsek juga Melaksanakan sambang warga dan penambang boat yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan patroli blue light. Memberikan himbauan keselamatan antara lain: Melengkapi boat dengan alat keselamatan (pelampung) mengingat cuaca hujan, angin kencang yang dapat terjadi kapan saja. Selalu memantau informasi resmi dari BMKG, dan otoritas pelabuhan setempat. Jangan mudah terpancing isu-isu/berita hoax yg tidak bertanggung jawab. Waspada terhadap fenomena cuaca yang berubah-ubah yang dapat menyebabkan puting beliung, hujan lebat, angin kencang dan petir.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.I.K, MH menyampaikan, bahwa kegiatan Pemantauan, Sosialisasi dan Himbauan serta Kordinasi dengan Stakeholder terkait, dilakukan Polres Tanjungpinang untuk sedapat mungkin meniadakan atau meminimalisir dampak yang terjadi baik dampak kerugian materil maupun korban jiwa akibat Cuaca Ekstrim.”kata Lasdin (Red / Firman)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.