Antisipasi Bencana, Pemerintah Kerinci Gelar Simulasi Penyelamatan Bencana

0
318

KERINCI, INDEPENDENNEWS.COM –Pemerintah Kabupaten Kerinci melakukan latihan gabungan penyelamatan evakuasi dan serta penanganan pengungsi ditahun 2020. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan relawan dalam menghadapi segala bencana.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di lanpangan PTN.VI kecamatan Kayu Ari Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, dwn dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, Fahrori Umar dan Bupati Kerinci Adirozal.

Fahrori Umar dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kabupaten Kerinci telah melakukan kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci ialah sebagai tuan rumah dalam acara ini, dan semoga kegiatan ini membawa dampak positif dalam upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam bentuk bencana di Provinsi Jambi. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dimana diseluruh instansi dari Pusat dan Daerah harus bersinergi dalam meningkatkan kesiapsiagaan dalam penganggulangan bencana,” kata Fahrori Umar.

Gebernur juga menyampaikan bahwa penanggulangan bercana harus dilakukan secara bersama-sama. Sebab, wilayah Provinsi Jambi berada di daerah rawan bencana, disebabkan faktor alam maupun non alam. Hal tersebut harus diketahui oleh masyarakat Jambi terkait dampak bencana selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Hal ini adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karna itu, kita dituntut dan mampu mengantisipasi dan mengambil tindakan dalam pencegahan bencana dan mengurangi dampak resiko dalam suatu bencana,” pungkasnya.

Bupati kerinci Adirozal menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap kegiatan itu bisa mempersiapkan para relawan, dalam kesiapan baik sebelum maupun saat terjadi.

“Saya berharap, dengan kegiatan ini, para relawan segera tanggap dan cepat,apa bila bencana belum terjadi para relawan sudah siap memetakan pontensi bencana di masing-masing wilayah Kabupaten Kerinci agar tidak menimbulkan banyak korban nyawa,dan harta,” kata Adirozal.

Acara tersebut juga dihadiri beberapa stakeholder lainnya seperti, Wakil Bupati kerinci Ami Taher, Kapolda, Danrem, DPRD , Dandim 0417 Kerinci, Kapolres kerinci, Forkompinda, OPD , BPBD, Damkar, Tegana, RAPI, Anggota Pramuka, dan Para tamu undangan lainnya diwilayah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

APENDI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here