69 Pasutri Ikut Nikah Masal Kerinci

0
299

KERINCI, INDEPENDENNEWS.COM –– Pengadilan Agama Kabupaten Kerinci menggelar Sidang Isbath salah satu program Nikah Masal yang diikuti oleh 69 Pasangan Suami Istri (Pautri) atau pasangan Nikah masal, pada Senin (27/01/2020) bertempat di Gedung serbaguna IIPKM Koto Majidin Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Dalam gelar Sidang Nikah Masal tersebut dikabupaten kerinci melibatkan Empat Desa di Koto Majidin, yang bertempat di gedung serbaguna IIPKM Majidin, menuai Cacatan rekor dengan jumlah perserta terbanyak, Semenjak kegiatan ini dimulai ditahun 2018 yang Lalu.

Program yang dilaksanakan pengadilan agama ialah untuk membantu masyarakat, khususnya yang belum mendapatkan Buku Nikah yang sah.Karena masyarakat yang belum mendapatkan buku nikah kita takut nantinya terkendala untuk membuat Akta kelahiran, dikarenakan yang bersangkutan tidak mempunyai buku nikah.

Ikhsanudin Selaku Ketua Pengadilan Agama kabupaten kerinci mengatakan dari pihak pengadilan selalu berkomitmen membantu masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum dalam pernikahan.

Kita berharap dengan adanya program sidang isbat atau Nikah Masal ini supaya yang bersangkutan tercatat di KUA dan Sekaligus telah mempunyai Dokumen resmi.

Selanjutnya apabila pernikahan tidak terdaftar Secara resmi, untuk mendapatkan atau mengurus Akta kelahiran dan surat surat pentinglainnya, tidak bisa dilakukan, karena tidak mempunyai persyaratan untuk membuat Akta kelahiran, dikarenakan syarat yang mutlak harus melampirkan buku nikah.

Sekali lagi saya berharap dengan adanya pelayanan terpadu yang melibatkan kemenag dan KUA untuk mengeluarkan buku nikah dan sehingga masyarakat bisa terbantu jelasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati kerinci H.Adi Rozal mengucapkan terima kasih kepada pemuda koto majidin (IPPKM) yang telah mensufot atau menginisiator bersama kepala desa yang terdiri 4 desa yang ada di koto majidin untuk melaksanakan sidang nikah masal tersebut.

Adirozal berharap untuk kedepannya bagi warga yang belum terjaring di hari ini,agar segera mendaftar dan mengikuti program sidang isbat, nikah masal baik secara kolektif maupun perorangan.

Tampak yang hadir dalam acara tersebut Bupati kerinci,ketua pengadilan agama, kepala Kemenag,Para Alim Ulama, kepala KUA, Pemohon isbat Nikah, Camat Air hangat, 4 kepala desa koto majidin dan perserta tamu undangan lainnya.

APENDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here