Walikota Cimahi Ajak Pemilik Toko dan Pusat Perbelanjaan Tak Gunakan Kantong Plastik

0
31

KOTA CIMAHI, Walikota Cimahi H. Ajay Muhammad Priatna mengajak seluruh toko-toko modern dan pusat perbelanjaan untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Sebagai alternatif, retail bisa menyediakan kantong belanja yang ramah lingkungan sebagai upaya pengurangan sampah plastik.

“Ini komitmen kami untuk mengurangi sampah plastik. Untuk itu, seluruh toko modern dan pusat perbelanjaan di Kota Cimahi kami minta ikut berpartisipasi mengurangi sampah plastik,” ujarnya dalam kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi pengelola toko modern dan pusat perbelanjaan di Kota Cimahi yang berlangsung di Gedung Cimahi Technopark Jln. Baros Kota Cimahi, Jumat (20/11/2020).

Dalam kegiatan yang diinisiasi Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi ini, dilakukan pula penyerahan spanduk AKB dan penyerahan kantong belanja ramah lingkungan kepada toko-toko modern, pusat perbelanjaan, dan pasar rakyat se-Kota Cimahi.

“Penggunaan kantong sekali pakai yang kita sering disebut kantong kresek harus dapat dikurangi. Kami melalui Disdagkoperin memberikan contoh kepada toko modern untuk dipakai para pembeli, sisanya mereka harus bikin sendiri,” katanya

Menurut walikota, pihaknya sudah menerbitkan “Peraturan Walikota” (Perwako) tentang pelarangan kantong plastik sekali pakai.

“Perwako sudah ada, dan kita sosialisasikan terus. Sampah plastik kan tidak mudah terurai, merusak lingkungan, dan sebagainya, dengan penggunaan kantong ramah lingkungan ini tidak lagi terlalu banyak sampah yang dibuang. Saya rasa masyarakat juga sudah lebih sadar, bagaimana agar menggunakan bahan yang tidak sekali pakai,” tuturnya.(Amron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here