Usai Dilantik,  Bupati Meranti Adil Gelar Tahlilan dan Silaturrahmi  Dengan Tokoh Masyarakat

0
105

 

INDEPENDENNEWS.COM, MERANTI – Bupati Kepulauan Meranti HM Adil SH,  bersama Wakil Bupati H. Asmar menggelar tahlilan dan doa bersama di kediaman Bupati Meranti H.M. Adil, Jalan Alah Air, Selatpanjang, Jumat malam (26/2/2021). Tahlilan dan silaturrahmi yang digelar ini sebagai bentuk syukur atas lancarnya prosesi pelantikan dirinya sebagai Bupati Kepulauan Meranti.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan acara silaturrahmi bersama para kiai dan tokoh masyarakat itu, Bupati Meranti kembali menegaskan akan melaksanakan 7 program strategis, salah satunya mengelontorkan dana 12.5 Miliar/Tahun untuk Beasiswa anak-anak Meranti.

Turut hadir dalam acara, Sekdakab. Meranti Dr. H. Kamsol, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Para Ketua Thoriqoh Nagsyabandiyah KH. Hasbullah, KH. Saleh, KH Mustafa, KH. Syaifullah, KH. Dr. Imam Ghazali, Wakil Ketua DPRD Meranti H. Khalid Ali, Legislator DPRD Meranti KH. Khusairi, Kajari Meranti Budi Rahardjo, Kapolres Meranti bersama Forkopimda lainnya, Imam Masjid, Imam Mushola, Jajaran Pejabat di lingkungan Pemkab Meranti, Dewan Syuro Nahdlatul Ulama, tokoh agama, masyarakat dan pemuda.

Bupati Meranti H.M Adil dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tahlilan sekaligus doa bersama ini sengaja digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. atas lancarnya proses pelantikan dirinya dan H. Asmar sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Meranti oleh Gubernur Riau di Pekanbaru.

Selain itu, kegiatan ini dibuat untuk menjalin silaturrahmi dengan para kiai dan tokoh masyarakat agar tercipta kekompakan dan sinergitas program untuk bersama-sama membangun Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat sesuai dengan Visi dan Misi Adil-Asmar.

Mantan anggota DPRD Provinsi Riau itu juga menambahkan, tahlilan ini juga sekaligus untuk mendoakan agar Meranti semakin maju dan berkembang, serta terbebas dari Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih menghantui.

Selanjutnya di hadapan para kiai dan tokoh masyarakat yang hadir, Bupati Meranti H.M Adil kembali menegaskan konsistensinya untuk melaksanakan 7 program strategis yang pernah dijanjikan saat mencalon. H. Adil sadar kalau janji itu adalah tanggungjawab yang harus direalisasikannya untuk masyarakat dan bukan sekedar janji belaka.

Salah satu yang akan direalisasikan Bupati Adil dalam upaya membangun SDM dan meningkatkan kecerdasan masyarakat adalah mengagggarkan anggaran sebesar 12.5 Miliar untuk beasiswa anak-anak Meranti yang kuliah di Perguruan Tinggi.

“Tiap tahun kita akan menggarkan dana sebesar 12.5 Miliar untuk biaya sekolah anak-anak Meranti. Jadi bagi masyarakat yang tak punya biaya jangan khawatir, kita yang akan menyekolahkan anak bapak dan ibu, baik di Selatpanjang maupun di luar daerah,” ucap Bupati.

Selanjutnya mewujudkan janji sepeda yang akan diberikan kepada anak-anak Meranti kurang mampu untuk menunjang transportasi menuju sekolah.

“Kita juga akan memberikan sepeda untuk anak-anak se-Meranti yang kurang mampu,” tambahnya.

Yang tak kalah penting adalah program pemberdayaan masyarakat melalui pemberian pelatihan peningkatan Skill sehingga masyarakat lebih kreatif dan mampu mandiri secara ekonomi. Program ini sekaligus untuk menekan angka pengangguran yang semakin meningkat terdampak dari Pandemi Covid-19 saat ini.

“Dengan pelatihan yang akan kita lakukan masyarakat dapat lebih kreatif dan mandiri dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” ujarnya lagi.

Kemudian untuk dapat merealisasikan Visi dan Misinya, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M. Adil-H. Asmar sangat menyadari tidak hanya diperlukan kerja keras, tetapi juga dukungan dan sinergitas dari semua pihak yang mendoakan pasangan bupati terpilih itu agar selalu ingat akan janjinya.

“Saya juga minta doa masyarakat agar setiap mengeluarkan kebijakan selalu ingat dengan masyarakat sehingga benar-benar bermanfaat bagi warga dan kedepan Meranti tidak lagi menjadi Kabupaten termiskin dan SDM rendah, dan doa itu penting untuk penyemangat kami,” harapnya.

Bahkan Bupati Adil menegaskan siap dikritik dan didemo jika dalam penyelenggaraan pemerintahan keluar jalur atau tak sesuai dengan janji sebelumnya.

“Jika dalam penyelenggaran kami melenceng silahkan diingatkan, silahkan datang ke kantor bupati untuk berdiskusi,” ucapnya.

Tak lupa untuk mewujudkan Clean And Good Goverment, Bupati Meranti H.M Adil siap menggandeng aparat hukum khususnya Kejaksaan dalam hal pembinaan ASN agar tidak terjerumus pada hal yang melanggar aturan.

“Untuk menggelar pemerintahan yang bersih kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Kejari dan institusi penegak hukum lainnya, agar tidak ada lagi ASN yang terjerumus pada hal yang melanggar hukum,” pungkasnya.

Kegiatan Tahlilan doa bersama yang dikemas dengan acara silaturrahmi itu ditutup dengan mendengarkan Tausiah dari Dr. KH. Imam Ghazali yang juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kep. Meranti yang memaparkan pentingnya menjaga kerukunan dan kekompakan jika ingin meraih keberkahan dari Allah SWT.

M. Owen Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here