Upacara Hari Pahlawan, Bupati Tebo Sukandar Sampaikan Pesan Mensos

0
52

INDEPENDENNEWS.COM, TEBO – Bupati Tebo, H. Sukandar, S.Kom., M.Si., memimpin pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke-74 Tahun 2019 bertempat di Lapangan Ex MTQ Kantor Bupati, Minggu (10/11/2019).

Hadir dalam upacara tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Sekda Kabupaten Tebo, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Kepala OPD, Kantor dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo, Organisasi Wanita, Danramil dan Kapolsek se-Kabupaten Tebo.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke-74 ini mengambil tema ” Aku Pahlawan Masa Kini” yang diikuti oleh Unsur TNI-Polri, ASN di Lingkup Pemkab Tebo, Organisasi Pemuda dan Masyarakat serta pelajar.

Dalam sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Tebo bahwa setiap Hari Pahlawan kita diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah.

“Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang dirasakan pada saat ini memerlukan perjuangan dan pengorbanan besar. Semangat dalam memperebutkan kemerdekaan tersebut perlu terus dikembangkan sampai kapanpun,” ujar beliau.

Peringatan dilaksanakan, kata bupati, untuk lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana yang diungkapkan oleh Bung Karno bahwasanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Lebih lanjut bupati mengatakan untuk menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun. Hal tersebut diwujudkan dengan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama, tidak memprovokasi dan menyebarkan berita hoax, tidak anarkis dan merugikan orang lain.

“Dulu semangat kepahlawanan ditunjukkan dengan pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Akan tetapi sekarang untuk menjadi pahlawan dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan dan memberikan kemaslahatan,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya beliau mengajak untuk menjadikan peringatan Hari Pahlawan sebagai momen untuk mengisi aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Diakhir upacara peringatan dilakukan penyerahan piala kepada pemenang lomba pembacaan puisi dan lagu pahlawan dalam memperingati Hari Pahlawan untuk pelajar SD, SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Tebo kemudian dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Makam Pahlawan.(Am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.