Sambut HUT RI 76, Lanal Tarempa Laksanakan Penanaman Terumbu Karang

0
128
Foto : saat Personil Lanal Tarempa saat melakukan penanaman Terumbu Karang di Bawah Laut (insert)

Independennews.com – Anambas | Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, TNI AL, Pangkalan TNI AL Tarempa bersama Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Riau di Tarempa melaksanakan Penanaman Fragmen Terumbu Karang pada kegiatan Coral Reef Garden (CRG) di Taman Wisata Perairan Pulau Temawan Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu, Lanal Tarempa mengerahkan 3 Personel penyelam, Lettu Laut (KH) Rama Arcan, S.H, Serma Marinir Robert dan Kelasi Satu Kumpul Silitonga, yang bertugas melakukan penanaman Terumbu karang bersama dengan tim Loka Konservasi dan Tim penyelam Napoleon Anambas Dive Center.

Sebelum pelaksanaan kegiatan Fragmen Terumbu Karang, terlebih dahulu dilaksanakan pelatihan Transplantasi Terumbu Karang secara Virtual oleh Bpk Amir Arifudin Dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji di Kantor Kepala Desa Batu Belah yang diikuti oleh seluruh peserta yang akan melaksanakan penanaman terumbu karang.

Dari Kampung Bahari Nusantara (KBN) desa Batu Belah Tim penyelam menuju Pulau Temawan menggunakan unsur patroli Lanal Tarempa, Patkamla Tarempa I.4.29 dan setibanya di Pulau Temawan dilaksanakan Pembuatan Coral Garden dengan metode Transplantasi Terumbu Karang dengan 8 Jenis Coral diantaranya Acropora Cardus dikedalaman 3 s.d 4 meter.

Menurut Komandan Lanal Tarempa, Yovan Ardhianto Yusuf, Opsla, yang disampaikan oleh Pjs. Pasops Lanal Tarempa, Lettu Laut (KH) Rama Arcan, S.H. pelaksanaan kegiatan Pembuatan Coral Garden kami laksanakan dalam rangka memperingati HUT. RI ke-76,

“Kegiatan ini kita laksanakan di perairan sekitar desa Batu Belah, karena merupakan bentuk kepedulian Lanal Tarempa dalam rangka melestarikan ekosistem laut sekaligus mendukung wisata bahari di desa Batu Belah yang merupakan Kampung Bahari Nasional (KBN) Binaan Lanal Tarempa,”ujarnya

Selain itu, Sambung Yovan, kita dapat mengenalkan olahraga khas maritim yaitu olah raga selam, sekaligus kita memperlihatkan bahwa di Kepulauan Anambas mempunyai panorama bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain di nusantara ini yang sudah lebih dahulu dikenal.

“Kegiatan kedua ini kita harapkan dapat memberikan nilai positif terutama bidang pariwisata, terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, terkhusus bagi Masyarakat maritim disekitar KBN. desa Batu Belah, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi mereka,”Pungkas Arcan,” pada Senin (16/8/21)

Hadir dalam kegiatan Transplantasi Terumbu Karang ini yakni Pjs. Pasops mewakili Danlanal Tarempa, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru di Tarempa, Napoleon Dive Anambas Center, Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan, Kades KBN. Batu Belah, Danposal Memperuk Lanal Tarempa, Babinpotmar Lanal Tarempa dan dibantu oleh masyarakat KBN. Desa Batu Belah. (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here