Premi BPJS Ketenagakerjaan Perangkat Desa Didanai APBdes

0
53

LINGGA, Independennews.com — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang mensosialisasikan pemanfaatan jaminan sosial bagi aparatur desa di Kabupaten Lingga, Rabu (27/2).

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep, yang disejalankan dalam agenda kegiatan penyerahan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) desa oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dihadiri oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar, Kepala PMD, Ruli dan perangkat desa yang ada di Lingga.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang, Rini Suryani SE MM, mengatakan, program BPJS Ketenagakerjaan bagi aparatur desa merupakan bentuk perhatian pemerintah bagi kesejahteraan aparatur desa.

” Ada empat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh aparatur desa, Yakni jaminan keselamatan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun,” terangnya.

Dilanjutkan, Menteri Dalam Negeri sudah mengeluarkan Permendagri nomor 20 Tahun 2018. Pasal 19 ayat 4 bahwa salah satu biaya untuk pegawai aparatur desa dan perangkat desa diambil dari APBDes yang juga bisa digunakan untuk membayar iuran jaminan sosial.

“Dengan Permendagri diharapkan kepala desa bisa menyesuaikan kemampuan keuangan untuk program ini,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lingga, M Nizar mengatakan, Pemkab Lingga akan mendorong setiap desa di Lingga agar memasukan perangkatnya kedalam BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini penting dilakukan agar setiap perangkat desa memiliki jaminan yang jelas,” ucapnya.(Erwin Sawira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.