Polisi Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembakaran Rumah Wartawan

Tim labfor Polda Sumut lakukan olah TKP rumah Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Karo, Kamis (27/6/2024). (Dok. Humas Poldasu)

Independennews.com | Medan – Penyidik Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menetapkan satu tersangka baru berinisial B alias Bulang dalam kasus pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Tanah Karo.

Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menyatakan bahwa penetapan tersangka B alias Bulang dilakukan berdasarkan analisis komunikasi yang terungkap.

“Kami sudah menetapkan B sebagai tersangka baru dalam kasus pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu,” ungkap Kapolda Agung, Rabu malam (11/7/2024), saat siaran langsung di stasiun televisi swasta nasional.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menambahkan bahwa dengan penetapan tersangka B, jumlah pelaku pembakaran rumah Sempurna Pasaribu menjadi tiga orang. Dua pelaku lainnya, RAS (37) dan YT (36), sudah ditangkap sebelumnya dan berperan sebagai eksekutor.

Kombes Hadi menjelaskan bahwa tersangka B memerintahkan kedua pelaku lainnya untuk membakar rumah korban.

“Tersangka B menyuruh YT membakar rumah dan memberikan uang Rp130 ribu kepada RAS untuk membeli minyak Pertalite dan Solar yang digunakan untuk membakar rumah korban,” ungkap Kombes Hadi, Kamis (11/7/2024).

Hadi juga menambahkan bahwa RAS bersiap di atas sepeda motor matic saat pembakaran terjadi.

“Setelah api menyala, keduanya kabur dan membuang botol bekas campuran BBM sekitar 30 meter dari lokasi kejadian. Aksi ini terekam jelas dari analisis CCTV di sekitar rumah korban,” jelas Hadi.

Keberhasilan pengungkapan kasus ini dilakukan melalui metode Scientific Crime Investigation (SCI). (*)

You might also like