Peringati HKG PKK ke-50, TP PKK Pusat Gelar Pasar Murah di Kecamatan Tapos

0
213
Foto : Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian dalam acara Pasar Murah dan Bantuan Pemerintah dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022, di Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat

IndependenNews.com, Depok | Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat menggelar Pasar Murah dan Bantuan Pemerintah dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022..

Kegiatan ini bersempena dengan bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, yang dilangsungkan di Halaman Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).

Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat rentan di tujuh kelurahan di Kecamatan Tapos, yaitu Kelurahan Cilangkap, Cimpaeun, Jatijajar, Leuwinanggung, Sukamaju Baru, Sukatani, dan Tapos. Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Umum (Sekum) TP PKK Pusat Nani Suhajar merinci paket bantuan pemerintah tersebut secara keseluruhan berjumlah seribu paket.

Rincian paket tersebut yaitu lansia 294 orang, ibu hamil 235 orang, balita 340 orang, penyandang disabilitas 35 orang, dan perempuan kepala keluarga 96 orang. “Selain itu, penerima paket juga dapat berbelanja di Pasar Murah yang menyediakan paket belanja dengan biaya sebesar lima puluh ribu,” kata Nani.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menyampaikan, alasan pemberian bantuan pemerintah ini ke beberapa kantong masyarakat yang dianggap berhak menerima. Bantuan diberikan karena kegiatan PKK sebetulnya memang memberikan kesejahteraan kepada keluarga. Dia berharap, gerakan TP PKK Pusat ini bisa diikuti oleh semua tim TP PKK di seluruh kepengurusan di daerah.

“Anggarannya itu sebetulnya bisa diajukan ke pemerintah. Apalagi kami sekarang sudah memberikan bantuan legalitas untuk pengajuan anggaran kegiatan-kegiatan PKK melalui Permendagri yang tiap tahun diperbaharui,” jelasnya.

Di sisi lain, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TP PKK Pusat yang telah menjadikan Kota Depok khususnya Kecamatan Tapos sebagai wilayah sasaran pemberian sembako atau Pasar Murah. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu masyarakat menjelang perayaan Lebaran.

“(Ini) Salah satu bukti bahwa Ramadan memang rezeki orang-orang di bulan Ramadan ini bertambah ya. Ini akan sangat dirasakan sekali ya bagi warga masyarakat Kota Depok khususnya. Untuk itu, kami ucapkan ribuan terima kasih atas, apresiasi yang setinggi-tingginya,” ujarnya.

Sebagai informasi, pemberian bantuan ini bukan merupakan Bantuan Sosial (Bansos), tapi sebagai bentuk kepedulian TP PKK dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak luas. Dampak itu salah satunya berkurangnya asupan makanan bergizi bagi kelompok masyarakat rentan. Dengan demikian, pemberian bantuan ini merupakan aksi nyata TP PKK sebagaimana tema HKG-PKK ke-50 Tahun 2022, “Berbakti untuk Bangsa dan Berbagi untuk Sesama.”(PK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here