Peringatan Tahun Baru Islam Momentum I’tibar Prajurit TNI Korem Lilawangsa

Korem 011/Lilawangsa menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H

IndependenNews.com | Lhokseumawe – Korem 011/Lilawangsa menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Masjid Al-Fitrah Kompleks Asrama Korem 011/Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (11/07/2024). Acara tersebut turut dihadiri personel TNI dan Keluarga.

Dalam sambutan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran yang dibacakan Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto mengatakan, Tahun baru hijriah atau Tahun baru Islam adalah momentum penting bagi seluruh umat islam, sebab, memiliki makna penting dari peristiwa bersejarah dalam islam.

“Tahun baru Hijriah diperingati dengan tujuan agar umat Islam, termasuk prajurit TNI Korem 011/Lilawangsa yang beraga muslim, dapat mengambil i’tibar makna “Pelajaran” yang sangat berarti dengan peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Makah ke Madinah,” sebutnya.

Menurutnya, kata Kasrem, dalam peristiwa hijrah tersebut, bagi umat muslim diharapkan bisa memaknai dan mengambil pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, terutama para prajurit TNI dapat mengajak atau menerapkan sikap dan perilaku baik sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat.

“Peringatan 1 Muharram ini kita jadikan momentum untuk berhijrah ke jalan yang lebih baik sebagai insan yang bertakwa, disertai tegaknya nilai-nilai jati diri kita sebagai prajurit TNI Korem 011/Lilawangsa dengan menerapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan wajib TNI dalam pengabdian kepada NKRI,” ujarnya.

“Bagi umat Islam, walaupun kita tidak bisa hijrah secara fisik seperti apa yang dilakukan Rasulullah SAW, namun kita diwajibkan untuk melakukan hijrah dalam makna, yaitu diantaranya perpindahan kekufuran kepada keimanan dengan meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beribadah dan perpindahan dari kebodohan, kemiskinan kepada peningkatan ilmu dan kecukupan dengan kerja keras dan tawakal atau selalu bersyukur,” sebut Kasrem meneruskan pesan Danrem.

Kegiatan diawali shalat dzuhur berjamaah, pesan Danrem kepada prajurit TNI dan dilanjutkan mendengarkan ceramah singkat dari ustad Taufikurrahmi Nurdin, S.E., M.Pd, Pimpinan Pondok Pesantren Annahla, Kota lhokseumawe.

Peringatan Tahun Baru Islam yang digelar Korem 011/LW dengan tema “Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”, acara turut dihadiri, antaralain, Kasrem 011/LW, para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, para Komandan Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) jajaran Korem 011/LW di Lhokseumawe, serta para prajurit TNI dan PNS yang hadir.(L}

You might also like