Pemda Kabupaten Natuna Dorong Produk UMKM Tembus Pangsa Pasar Internasional

0
138

Independennews,com, NATUNA – Pemerintah kabupaten Natuna dipimpin Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal.M.Si, terus berupaya untuk mengembangkan potensi daerah melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke depan.

Pengembagan UMKM merupakan prinsip dalam rangka pemberdayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki di daerah 3T di tengah dampak covid 19 yang sedang melanda.

“Pemberdayaan UMKM sudah menjadi komitmen pemerintah daerah Kabupaten Natuna,” ujar Pjt Sekdakab Natuna, Hendra Kusuma kepada Independennews.com, Jumat (23/4/2021).

Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma.

Dikatakan Hendra, bahwa pemerintah kabupaten Natuna terus mendorong para pelaku UMKM di masa Pandemi Covid 19 saat ini agar selalu eksis dan tetap bangkit serta mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Wilayah kabupaten Natuna sebagai daerah perbatasan terluar indonesia selaras dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, maka sangat dibutuhkan soliditas dan sinergitas lintas sektoral, untuk secara bersama-sama antara pemerintah pusat dan daerah mengembangkan program-program UMKM untuk peningkatan ekonomi di daerah,”kata Hendra Kusuma.

Lanjut Hendra Kusuma mengatakan, Pemerintahan Kabupaten Natuna yang memiliki wilayah perairan yang luas, tidak menutup kemungkinan ada produk UMKM nabati laut Natuna yang bisa go internasional.

Sebab, kata Hendra, tidak kalah menariknya, produk kerajinan tangan dari ragam Pesona industri rumahan, harapannya mampu memiliki pangsa pasar di luar daerah yang bermuara pada sebuah konsep pemasaran yang memberikan nilai tambah terhadap promosi daerah selaras, dalam program-program yang bertujuan peningkatan ekonomi masyarakat Natuna secara merata.

“Semoga semua harapan dan rencana kita dalam pengembangan UMKM di Natuna ditengah pandemi covid 19 saat ini, berjalan sesuai tujuan dan fungsi yang diselaraskan dengan program yang ada di lintas sektoral pusat, provinsi dan hingga ke daerah,” tutupnya. (Lubis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here