Peduli Kebersihan, TNI dan Polri Turun Pungut Sampah

0
44

Karimun, Independennews.com — Polres Karimun dan Bhayangkari cabang Karimun bersama Kodim 0317/ Karimun, Lanal TBK , Persatuan Nelayan, Dinas Kebersihan dari Lingkungan Hidup, para Kapolsek dan Pelajar meriahkan Hari Sampah Nasional sebagai implementasi Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) Desa Sememal Kelurahan Pasir Panjang , Kecamatan Meral Barat, Kamis (21/2/2019)

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya.S.I.K dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan itu bertujuan agar seluruh personil bisa meresapi betapa pentingnya pengelolaan sampah.

” kita diwajibkan untuk bijaksana dalam mengelola sampah seperti dirumah, lingkungan kita , Karena menurutnya, jika kita tidak bisa mengelola sampah dengan baik atau membuang sampah tidak pada tempatnya, akan menjadi sumber masalah bagi masyarakat dan lingkungan seperti banjir, kemudian sumber dari penyakit (penyebaran penyakit) dan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan muncul bau tak sedap, tentunya akan sangat menggangu aktivitas kita,” ungkap Hengky.

Lanjut Hengky, untuk itu marilah kita paham betul arti pentingnya mengelola sampah agar terhindar dari penyakit. Selain itu lingkungan akan tampak indah, hahkan Kata Hengky, ” kebersihan merupakan bagian dari iman.” cetusnya

Sementara itu, Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq S.SOs , M.Si mengatakan Hari Peduli Sampah (HPS) ini sedang dilaksanakan juga di pusat bersama ibu Menteri Lingkungan Hidup, yang dihadiri seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota.

” Kita juga diminta untuk melaksanakan kegiatan hari peduli sampah bersama Polres, Dandim, Danlanal dan pelajar. Kegiatan kebersihan di beberapa tempat seperti daerah Sememal, Coastal Area.” ujarnya

Kegiatan kebersihan ini, menurut Rafiq , suatu langkah yang baik untuk memberi dorongan kepada masyarakat akan betapa pentingnya pengelolaan yang dengan baik.

“Oleh karena itu, saya atas nama pemda Karimun mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri dan juga kepada lapisan masyarakat, pelajar yang hari ini bisa memberikan suatu kegiatan baik, Dan Insyaallah kita juga akan mencanangkan di bulan Maret nanti tentang masalah Karimun Bersih untuk tahap yang ke empat,” terangnya

Sementara itu Kasi Kebersihan Lingkungan Hidup, Safriyanto mengatakan pihanya juga menyampaikan rasa terima kasih atas terselengarannya kegiatan tersebut.

” Kegiatan ini bisa melibatkan semua masyarakat dan menumbuhkan kebersamaan dalam pengelolaan sampah.” ujarnya

Menurutnya, bahwa sampah merupakan hal yang sepele sewaku sedikit, tapi jika sudah menumpuk akan menjadi masalah besar dan bisa juga menjadi sumber-sumber penyakit dan sebagainya.

“Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Karimun agar bisa bekerja sama tentang penanganan sampah secara menyeluruh. TPA Sememal Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat saat ini masih kekurangan alat berat yang saat ini berjumlah dua unit. Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sememal masih membutuhkan penambahan alat berat karena sampah masuk setiap hari mencapai 58 Ton,” terangnya. (**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.