Luapan Air Sungai Menyebabkan Sanitasi IPAL Komunal Tumbang

0
736
Poto : Salah satu bangunan sanitasi IPAL Komunal di Dabo Singkep Hanyut Terbawa arus (dok)

Lingga РSatu titik Bangunan Sanitasi IPAl Komunal yang di bangun melalui dana DAK IPD tahun 2016. Dengan anggaran  sebesar Rp 1.454.600.000 rupiah yang di kerjakan oleh CV Pribumi Jaya Mandiri, di sungai Dabo lama kecamatan singkep tumbang akibat luapan air sungai.

Tingginya air sungai tersebut, membuat 3 bak penampung menjadi terangkat, dan tumbang, hal ini di perkirakan akan kembali terjadi pada saat musim Utara mendatang, ungkap Jejep warga yang menerima manfaat dari pembangunan IPAl tersebut, Kamis (24-11/2016)

” bak yang tumbang ini bangun di atas busung, Saat ini musim barat, air laut masuk sehingga air di sungai lebih tinggi dari biasanya, dan mengangkat ketiga bak penampung yang masih dalam pekerjaan,,” katanya.

Untuk itu ia mengimbau kepada pelaksana agar dapat mengerjakannya dengan benar, dan bermanfaatnya dapat di rasakan  bagi masyarakat tidak hanya sesaat saja, akan tetapi berkepanjangan, katanya.

Menurut dia, jika nanti selesai di kerjakan, tiba-tiba hal serupa terjadi, akibatnya bisa fatal, air yang tinggi dan mengangkat bak,  otomatis instalasi yang terpasang juga ikut terangkat dan patah, limbahnya akan mencemari sungai, katanya.

Selain itu, jejep juga mengimbau agar kloset yang terpasang di rumah warga hendaknya di buat lebih tinggi dari bak penampungan, agar air di dalam bak tidak berbalik ke kloset, jika hal ini terjadi masyarakat tidak dapat menggunakannya lagi, otomatis mayarakat akan memotong instalasinya, ucap jejep (Ju/su)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here