LKKPN Pekanbaru Terus Lestarikan Penyu Diwilayah Kerja di Anambas

0
102

IndependenNews.com, Anambas | Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru melakukan upaya pelestarian dan perlindungan terhadap Penyu di Tempat Wisata Pantai Kepulauan Anambas.Kamis (26/05/2022).

Untuk pelestarian Biota laut diwilayah Anambas LKKPN Pekanbaru telah melakukan berbagai upaya kepada masyarakat dan generasi muda berupa sosialisasi dan penyadartahuan melalui kegiatan Conservation Goes To School, pemantauan bersama dengan pihak terkait, secara berkala dan respon cepat terhadap adanya kasus atau laporan dari masyarakat terkait pemanfaatan penyu.

Adapun daerah yang telah dilakukan monitoring penyu oleh LKKPN Pekanbaru untuk tahun ini yakni di pulau terluar Kabupaten Kepulauan Anambas, yaitu Pulau Mangkai, Desa Keramut Kecamatan Jemaja Barat.

Di Desa tersebut ada empat orang warga Desa Keramut yang dilatih lalu direkrut menjadi petugas enumerator sebagai bentuk dari pemberdayaan masyarakat. Sebagai hasilnya ada 922 tukik (anak penyu) dan 153 sarang berhasil direlokasi ke sarang semi alami dari bulan Februari hingga Mei 2022.

Pada kegiatan itu, Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan mengatakan, kegiatan ini adalah wujud dari rencana aksi pelestarian biota jenis penyu serta mengurangi tingginya ancaman kelestarian penyu di Anambas.

“Kegiatan ini sebagai pilot project, kita harapkan pihak-pihak terkait dan masyarakat turut ambil bagian menjaga kelestarian penyu di Anambas,” harap Fajar.

Lanjut Fajar, kata Dia, LKKPN Pekanbaru selain melakukan kegiatan monitoring penyu juga melakukan upaya pemberdayaan terhadap Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) yakni Kelompok Penyu Jemaja Lestari.

“Kelompok ini diketuai Burhan warga Letung, dan sampai saat ini mereka sudah eksis melestarikan tukik di Kepulauan Anambas sejak tahun 2018 hingga sekarang kelompok,”ucapnya (rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here