Kepolisian dan Kejari Batam diminta Periksa Penggunaan Anggaran Pemeliharaan PJU

0
604
Humas LPM Kecamatan Sagulung, Parlin Sihombing (dok)

Batam-Ketua Harian Solidaritas Masyarakat Sagulung Parlin Sihombing mendesak Aparat kepolisian dan Kejari batam untuk segera memeriksa penggunaan anggaran Penerangan Jalan Umum (PJU). Pasalnya lampu lampu jalan di wilayah Batuaji tak terawat atau sama sekali tidak ada perawatan.  Lalu anggaran Dana Miliaran rupaih untuk pemeliharaan Penerangan Jalan Umum dikemanakan?

Akibat lampu PJU tak menyala jalanan seringkali memakan korban jiwa. sebab lampu penerangan jalan umum tidak berfungsi, sehingga jalanan gelap gulita. Hal ini terjadi karena dinas tidak melakukan perawatan atau mengabaikan lampu jalan selama ini.

Ketua Harian Solidaritas Masyarakat Sagulung, Parlin Sihombing kepada independennews.com, Jumat (4/11/16) di bilangan Aviari Plaza mengatakan ia sangat prihatin dengan kondisi penerangan jalan umum saat ini, kenapa saya katakan demikian karena lampu lampu jalan tersebut 40 persen mengalami kerusakan sehingga tak berfungsi bagi masyarakat.

“Daerah daerah lampu jalan yang sudah tidak berfungsi atau kondisi buruk yakni daerah jalan arteri Muka Kuning- Simpang Bascamp, Simpang empat Putri Hijau menuju perumahan Putri Hijau, Simpang Kavling Baru dan Jalan akses Putri hijau-Kavling baru dan Jembatan Nato Dapur 12.

Lanjut Parlin, Lampu lampu tersebut sudah lama sekali tidak berfungsi, masyarakat selama ini tidak menikmati penerangan jalan dengan baik meskipun tiang tiang penerangan jalan umum itu berdiri kokoh.

“Kondisi tersebut, Kata parlin sudah lama sekali berlangsung bahkan sudah ada setahun ini lampu penerangan jalan di wilayah batuaji selalu padam.

“saya sebagai warga batuaji sangat kecewa, mengapa kondisi demikian bisa berlangsung cukup lama tanpa ada perbaikan dari dinas terkait. lalu selama ini apa yang dikerjakan dinas terkait. Coba bayangkan akibat lampu jalan tak berfungsi masyarakat banyak yang mengalami kecelakaan. Atas kejadian sejumlah kecelakaan pada jalan jalan tersebut mestinya dinas PU harus bertanggung jawab. Sebab Fungsi PJU yang sesungguhnya selain menerangi jalan juga untuk menghindari kejadian laka lantas dan tindakan kriminal.

“Dengan kondisi tersebut kita menilai bahwa Dinas Pekerjaan Umum tak mampu mengelola lampu penerangan jalan umum. Jika demikian anggaran dana pemeliharaan PJU dikemanakan? Ini merupakan pr kita bersama. Melihat kondisi Lampu PJU yang sudah lama tak ada pemeliharaan atau perawawatan, kuat dugaan anggaran dana miliaran untuk pemeliharaan yang dikelola Kepala Bidang PJU rawan penyimpanagan, Oleh sebab itu kita meminta aparat kepolisian dan Kejaksaan Negeri batam segera memeriksa pejabat yang berhubungan dengan Pelayanan PJU,” kata Parlin dengan nada tinggi

” Saya selaku warga batuaji sudah cukup sabar dengan kondisi lampu PJU tak berfungsi,”tandasnya

Sementara itu, informasi yang dihimpun independennews bahwa pejabat terkait yang membidangi PJU jarang masuk kantor, salah satu sumber mengatakan pejabat bidang PJU ini doyan main golf.(red/in)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here