Kepala BP Batam : Pertumbuhan Ekonomi Batam Triwulan Pertama Capai 4,47 persen

0
531

Independennews.com, Batam –Pertumbahan ekonomi kota Batam pada triwilan pertama tahun 2018, mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai sebesar 4,47 persen. Jika dibandingkan pada pertumbuhan triwulan pertama tahun 2017 hanya di kisaran 2,5 persen, Data tersebut sesuai catatan publikasi resmi BPS dan BI.

Hal ini disampaikan Kepala BP Batam Ir Lukita Dinarsya Tuwo didampingi Kepaa Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Rizal Eka, Rabu (4/7/18) disela sela Acara ” Membedah dan menyikapi pertumbuhan Ekonomi Batam Triwulan 1 Tahun 2018.

Dikatakan Lukita , bahwa kondisi itu suatu signal positif bagi dunia investasi sudah mulai menunjukkan peningkatan. Pada kwartal pertama pendaftaran penenaman modal asing (PMA) mengalami peningkatan hingga mencapai empat kali lipat dari investasi tahun lalu.

Menurutnya, untuk meningkatkan perekonomian kota Batam, masih banyak hal hal yang dapat dilakukan agar dunia investasi tumbuh dan berkembang diatas rata rata pertumbuhan ekonomi Nasional.

“Langkah yang kita lakukan hari ini bisa kita melihat, bahwa kami kompak bersama bagaimana kita melakukan dan merespon dunia usaha. “ujar Likita

Pertumbuhan ekonomi di Batam tentu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kepri bisa meningkat di sisa wantu 2018. Kendala yang dihadapi dalam peningkatan ekonomi Batam tentunya ada, menurut Lukita yakni salah satunya biaya logistik, Fasilitas Logistik ada dibawah naungan pengelolaan BP Batam, dan sudah kita sampaikan kepada pelindo 1 untuk di Fasilitasi, Kedua perizinan, kita ingin pelayanan perizinan lebih cepat, pasti, tepat dan ekonomis (murah) .

” Dalam hal ini BP Batam bersama pemerintah kota telah menyediakan mall pelayanan publik untuk memberikan kemudahan, kepastian perizinan. Dan akan kita ikutkan pada program SOSS maka akan lebih mempercepat Perizinan usaha, disamping kita harus mendorong usaha usaha lain seperti bidang pariwisata dan logistik. Dan tetap memantau industri olahan yang terus kompetitif.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Kepri, Gusti Rizal Eka mengaku bahwa pertumbuhan ekonomi Batam ada beberapa hal yang mengalami beberapa kendala, tetapi tidak begitu mempengaruhi katena , menurutnya masih bisa diatasi sebagaimana yang disampaikan kepala BP Batam Lukita Finarsya Tuwo.

“Keinginan BP Batam dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Batam sangat kita apresiasi. Yang tentunya kita mendukung upaya upaya yang dilakukan BP Batam.” ujar Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here