Keluarga Mindo Bakal Ajukan PK, Mertua Mindo James Berharap Menantunya Bebas

1
235

INDEPENDENNEWS.COM, BATAM — Keluarga besar AKBP. Mindo Tampubolon direncanakan akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) kepada Mahkamah Agung (MA) RI terhadap putusan No. 1691K/PID/2012,
terkait hukuman penjara seumur hidup yang dijatuhi terhadap Mindo Tampubolon.

Riki Tampubolon, saudara kandung Mindo Tampubolon menjelaskan, pihaknya telah mendatangi Mabes Polri untuk menemuai Kadiv.Propam dan Irwasum Mabes Polri pada Senin (8/7/2019), untuk meminta bantuan dan konsultasi akan nasib kasus adiknya.

“Kami kesini sekaligus meminta pendapat dan saran bagaimana langkah hukum kedepan yang baik, mengingat adik saya ini yang berstatus sebagai anggota Polri di Mabes Polri,” kata Riki kepada wartawan.

Menurut Riki, dalam kasus yang menjerat adiknya, banyak kejanggalan. Mulai dari tahap penyidikan, hingga ke persidangan.

“Di awal penyidikan, BAP (Berita Acara Pemeriksaan) bisa berubah tiga kali. Pada BAP pertama dan kedua, nama Mindo tidak terlibat, baru di BAP ketiga pelaku yakni Rosma dan Ujang (Kekasih Rosma) menyebut Mindo terlibat,”pungkasnya Riki.

Kejanggalan lain dibeberkan Riki, dimana jasad istrinya tidak diotopsi dan pada saat rekonstruksi Mindo tidak dihadirkan.

“Jasad korban tak sempat diotopsi dan pada saat rekonstruksi, Mindo yang dijadikan sebagai tersangka tak dihadirkan,” bebernya.

Selain itu, ditingkat Pengadilan. Mindo Tampubolon divonis bebas murni karena terbukti tak terlibat dalam kasus pembunuhan.

“Karena bebas murni, Jaksa langsung kasasi di MA. Oleh Hakim Agung adik saya diputuskan bersalah dan dihukum seumur hidup, seharusnya Hakim Agung mempertimbangkan putusan dari Hakim Pengadilan dan kontra memori kasasi yang diajukan Kuasa Hukum Adik saya,” kata Riki.

Riki menegaskan pihaknya sudah memiliki NOVUM baru untuk memperjuangkan nasib adiknya di proses PK nanti.

“Adalah pokoknya bukti baru yang kami punya,” tegasnya.

Terpisah, James Umboh selaku mertua Mindo dan ayah kandung Putri Mega Umboh (korban pembunuhan) meyakini menantunya itu tak terlibat.

“Kalau benar dia (Mindo) pelakunya, mana berani selama enam tahun ini dia tinggal bersama saya, menjaga cucu saya,” katanya.

James yang juga Purnawirawan Polisi ini berharap, ada keadilan bagi menantunya dan bisa dilepaskan dari jerat hukum. (P. sib/Japos.co)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.