Kantor Syabandar Utama Makassar Gelar Sosialisasi SIO Tentang Pemasangan AIS Kapal sesuai Permen Perhub No 7 Tahun 2019

0
308

INDEPENDENNEWS.COM, MAKASAR — Berdssarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 7 Tahun 2019 yang mengamanatkan keharusan pemasangan dan pengaktifan AIS pada kapal yang berlayar di perairan Indonesia, sehingga diperlukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder dan pihak terkait khususnya di Wilayah Kerja Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Kegiatan Sosialisasi Sistem Identifikasi Otomatis (SIO) pada Kapal AIS digelar pada Kamis (27/6/19) di Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar yang dihadiri oleh seluruh stakeholder. Kegiatan ini mendapat perhatian dan disambut baik seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Adapun peserta yang ikut dalam acara sosialisasi itu diantaranya perusahaan pelayaran, keagenan kapal, Asosiasi, Pelayaran Rakyat, dan instansi  terkait di Pelabuhan Makasar.

Sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut ialah H.Hasanuddin,S.Sos,MM dari Distrik Navigasi Makassar, Germas,S.SiT, Farijs Awwal dan Herman Mashudi dari Kesyahbandaran Utama Makassar.

Dalam kesempatan itu, sambutan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar yang dibacakan oleh Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Shaiful Horry menjelaskan, bahwa Peraturan Menteri Nomor 7 Tahun 2019 tentang sistem identifikasi pada kapal yang berlayar di perairan Indonesia adalah suatu keharusan dalam pengimplementasiannya.

“Pemasangan dan pengaktifan AIS pada kapal yang berlayar di perairan Indonesia adalah suatu aturan yang sifatnya harus dilaksanakan dan ini mulai akan diberlakukan per 20 Agustus 2019”, papar Shaiful Horry.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Kasi Sertifikasi Keselamatan Kapal, Bapak Germas,S.SiT.

Pada sosialisasi ini juga mengutarakan Materi tentang Penutuhan Kapal berbendera Indonesia yang dibawakan oleh Herman Mashudi. Usai penyampaian materi tersebut acara kemudian ditutup dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada perwakilan peserta secara simbolis diwakili oleh peserta dari PT.Pertamina (Persero), Bapak Sinaga.(red**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here