Inovasi Terbaru ! Korlantas Polri Bakal Terbitkan STNK Digital

0
773

Poto Ilustrasi Kartu

INDEPENDENNEWS.COM, JAKARTA — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengganti STNK dari bahan kertas ke STNK Elektronik. Inovasi tersebut diharapkan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Setelah peluncuran Smart SIM atau SIM elektronik belum lama ini, Polri kembali melanjutkan program digitalisasi dengan menyiapkan e-STNK atau STNK elektronik.

Jika sebelumnya, STNK yang diterbitkan terdiri dari dua surat, yaitu surat tanda nomor kendaraan bermotor dan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran, yang dimasukkan ke kantong plastik.

Nantinya, bentuk e-STNK akan berubah total. Surat-surat yang dilipat di dalam kantong plastik itu bakal digantikan dengan sebuah kartu berisi cip, seperti halnya surat izin mengemudi (SIM).

Dilansir Kompas.com, Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen (Pol) Halim Pagarra, Kamis (31/10/2019) mengatakan Korlantas Polri berrencana untuk menerbitkan STNK model baru.

“Benar akan jadi kartu, tetapi desainnya masih bisa berubah, dalam pengkajian,” ucap Halim Pagarra.

Soal peluncurannya, jenderal polisi bintang satu itu belum bisa memastikan kapan rencana itu bakal terealisasi. Meski begitu, e-STNK disebut sedang dalam pengkajian pihak-pihak terkait.

Rencananya, fungsi kartu ini tak hanya menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Lebih dari itu, e-STNK juga disebut akan semakin canggih berkat disematkannya sebuah cip.

Selain menyimpan data pribadi pemilik, kartu ini disebut dapat terintegrasi dengan layanan pembayaran parkir, tol, dan sebagainya.

Anda juga dapat menyimpan saldo yang berguna untuk beragam pembayaran. Bahkan, rencananya, transaksi pembayaran pajak atau denda tilang juga dapat dibayar melalui kartu tersebut.
(Sumber : Kompas.com/Editor Red IN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here