Gempa 7.0 Skala Richter Goncang Daratan Turki

0
90

Timur Tengah, Gempa Bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang daratan Turki tepatnya di Laut Aegea. Menurut Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) banyak bangunan roboh, dan terjadi tsunami di daerah pesisir.

Informasi yang berhasil dihimpun ujaran (31/10/20), AFAD terus melakukan operasi pencarian dan penyelamatan pada Jumat di 17 bangunan yang runtuh atau rusak, setidaknya telah dilakukan penyelamatan 70 orang dari bekas puing-puing reruntuhan berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Gubernur provinsi pesisir Izmir.

Ismail Yetiskin, Wali Kota Seferihisar Provinsi Izmir, mengatakan, permukaan air laut naik akibat gempa. Dia mengatakan kepada penyiar NTV: “Sepertinya ada tsunami kecil.” Ujarnya dilansir dari Epoch Time terhadap laporan komprehensif pada (30/10/20) kemarin.

Selain itu, menurut warga sekitar, mulanya air laut bergolak membanjiri jalanan, dan setelah air surut, ikan terlihat di jalanan kemudian terjadi guncangan dahsyat. Akibat gempa tersebut,banyak laporan kerusakan properti yang terjadi di Turki.

Ilke Cide, seorang mahasiswa doktoral di daerah Guzelbahce Izmir saat gempa, mengatakan permukaan air naik setelah gempa dan sekiranya gempa berlangsung sedikitnya 25-30 detik lamanya.

Gempa tersebut bukan gempa yang pertama kali terjadi di Turki, sebab garis patahan geologi Turki saling silang, menjadikan Turki sebagai salah satu negara paling rawan gempa di dunia.

Tercatat, pada Agustus 1999, gempa bumi berkekuatan 7,6 melanda Izmit, sebuah kota di tenggara Istanbul, menewaskan lebih dari 17.000 orang. Pada 2011, gempa bumi terjadi di kota timur Van, menewaskan lebih dari 500 orang.

Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menetapkan intensitas gempa pada 6,6, sedangkan Survei Geologi AS menetapkannya pada 7,0. Menurut laporan media, gempa terjadi sekitar pukul 11:50 GMT pada hari Jumat, dan getarannya terasa di sepanjang pantai Aegean Turki dan wilayah Marmara di barat laut.
AFAD mengatakan pusat gempa berada sekitar 17 kilometer (11 mil) dari pantai Provinsi Izmir, dan kedalamannya 16 kilometer. Survei Geologi AS mengatakan bahwa kedalamannya 10 kilometer dan pusat gempa 33,5 kilometer dari pantai Turki.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here