DPRD Batam Terima Kunker Komisi A DPRD DKI Jakarta

0
36

IndependenNews.com, Batam | Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD DKI Jakarta di Ruang Rapat Serbaguna DPRD Batam, Kamis (04/08/2022).

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi I, Lik Khai dan didampingi anggota Komisi I, Utusan Sarumaha dan Tan A Tie, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) Kota Batam serta Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Rapat tersebut membahas tentang implementasi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK) yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Perkimtan kota Batam kepada Komisi A DPRD DKI Jakarta dengan tujuan untuk melakukan studi banding.

Utusan Sarumaha menyampaikan bahwa DKI Jakarta tidak memiliki program PSPK. Oleh karena itu, pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Komisi A DPRD DKI sebagai perbandingan untuk pembangunan tingkat kelurahan di DKI Jakarta.

“Respon DPRD DKI sangat informatif karena PSPK ini belum ada di Jakarta. Hanya tentu PSPK ini harus menyesuaikan kebutuhan masing-masing daerah, tergantung geografis, situasi dan kondisi di Jakarta. Paling tidak hari ini kehadiran anggota DPRD DKI saling diskusi dan secara khusus mempublish pelaksanaan PSPK di kota Batam,” ucap Sarumaha saat diwawancarai usai rapat.

Utusan menjelaskan bahwa pelaksanaan PSPK tersebut telah diatur dalam Peraturan Walikota (Perwako) yang disahkan dalam Peraturan Daerah (Perda) pemberdayaan berbasis masyarakat Batam yang sebelumnya merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri.

“Yang dulu terkait dua objek penting yaitu drainase dan semenisasi. Dengan Perda itu akan terjadi perluasan seperti pembangunan taman pendidikan, kegiatan sosial budaya dengan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, yang menjadi kendala dalam PSPK itu sendiri ada pada Pokmas yang harus mengutang karena tidak ada pembayaran sebelum pengerjaan. Hal tersebut menjadi beban dalam mencari kontrator yang bisa memberikan hutang terlebih dahulu.

Namun, dirinya mengaku belum mendapat masalah soal pembayaran ke kontraktor. Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi kinerja pihak Kelurahan dan Kecamatan.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada Komisi A DPRD DKI Jakarta. Menurutnya, kunjungan kerja tersebut mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Batam.

“Kita ucapkan terimakasih kepada Komisi A DPRD DKI yang sudah melakukan kunker di Batam karena bermanfaat untuk PAD kota Batam menambah pajak perhotelan,” pungkasnya. (SOP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here