DJBC Kepri Amankan Dua Kapal Tanpa Nama Piperairan Pulau Pisang Kukup Malaysia

0
456

Independennews.com,¬† Karimun — Satuan tugas patroli BC 1305 dan BC 1105 menerima informasi dari masyarakat bahwa ada kegiatan STS (Ship to Ship) di perairan antara pulau pisang dan kukup malaysia, kemudian satgas patroli BC menindak lanjuti dan melihat pergerakan dua buah speedboat dan melakukan pengajaran.

Dalam pengajaran kepada kedua kapal tersebut satgas patroli BC 1305 dan BC 1105 telah melakukan instruksi untuk berhenti dengan menggunakan isyarat suara dan lampu police, namun kedua kapal tersebut tidak mengindahkannya, malah menambah kecepatan guna melarikan diri.

Selanjutnya satgas patroli BC melakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3X namun masih tetap tidak menghiraukan petugas.

Pengajaran yang lebih dari 50 menit sekitar pukul 23 : 50 wib, ditemukan salah satu kapal HSC yang mengkandaskan diri ke hutan bakau di daerahTg. Samak yang terlebih dahulu muatanya di buang ke laut.

Setelah dilakukan pengejaran sekitar dua jam, akhirnya target kedua HSC dapat ditemukan dalam kondisi dikandaskan disekitar perairan sungai Kampar. Kedua HSC tersebut ditemukan tanpa para ABK yang telah melarikan diri.

Berkat bantuan petugas kepolisian yang bertugas didaerah Tg. Samak, salah satu ABK kapal yang telah melarikan diri tersebut berhasil ditemukan, dan sudah di serahterimahkan kepada BC.

Proses penarikan HSC kedua dari hutan bakau belum sepenuhnya selesai, sedangkan HSC pertama bermuatan berupa minuman keras serta salah satu ABK nya sudah dibawa ke kanwil DJBC khusus kepulauan Riau untuk diproses lebih lanjut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here