Didakwa Pasal Berlapis, JPU Menuntut Jumawarzi Hanya Satu Tahun Penjara

0
505

TEBO, INDEPENDENNEWS.COM –– Sidang Jumawarzi S.H terdakwa kasus dugaan kepemilikan dan penggunaan titel akademik tanpa hak, kembali di digelar di Pengadilan Negri Tebo Jambi.

Mengenakan baju batik, Jumawarzi tampak santai, meski sidang dimajukan dari jadwal seharusnya, sesuai jadwal yang tertera pada SIPP PN Tebo sidang akan dilaksanakan pada Selasa (04/02/20) dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU.

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (Kejari) Tebo Yoyok menuntut terdakwa Jumawarzi S.H agar dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dan denda sebesar 20 juta rupiah subsider 1 bulan kurungan,”ujar Hakim saat mebacakan tuntutan dalam sidang yang digelar pada Senin (03/02/20).

Namun berdasarkan data yang terdapat pada SIPP PN Tebo terdapat beberapa kerancuan terkait tuntutan dan dakwaan yang di bacakan oleh jaksa penuntut umum, pasalnya dalam dakwaan Jumawarzi didakwa dengan pasal 93 Jo pasal 28 ayat (7) undang – undang No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

Dan pasal 68A ayat (2) Undang – Undang RI Nomor 20 A Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jaksa mengungkapkan, bahwa Jumawarzi dinyatakan bersalah atas dugaan perbuatan melawan hukum dengan cara menggunakan dan memakai titel akademik tanpa hak.

Atas tuntutan tersebut ketua PN Armen Siregar S.H.,M.H, menyatakan bahwa sidang akan dilanjutkan pada pekan depan (10/02/20) dengan agenda pembelaan dari terdakwa.

(Hrf))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here