Data Warga Belum Masuk ke PLN, Subsidi Listrik Wilayah Sampang Tak Tepat sasaran.

0
502

Sampang, Madura-Subsidi listrik di wilayah kabupaten Sampang dinilai tak tepat sasaran. Oleh karena itu, pihak pelayanan Listrik Negara (PLN) Sampang meminta warga miskin untuk menyampaikan keluhannya kepada kepala desa(Kades) maupun kelurahan.

Sesuai berdasarkan peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik Yang Disediakan oleh PLN, demi memenuhi keadilan akses Listrik.

“pemerintah akan memastikan bahwa penerima subsidi adalah mereka yang memang berhak, Namun sejauh ini untuk wilayah Kabupaten sampang hal itu belum maksimal lantaran banyak hal.”Ujar Maneger PLN Rayon Sampang UMar Sholihin, Kamis(20/4/17) di Madura, Jawa timur.

Solihin mengaku telah melakukan sosialisasi pada seluruh kecamatan di Wilayah Kabupaten Sampang yang melibatkan seluruh Kepala desa atau lurah guna menyukseskan progaram tersebut. Tapi sampai saat ini belum ada laporan dari pihak kepala desa maupun lurah, justru para warga yang datang untuk menyampaikan keluhan.

“Kami telah melakukan sosialisasi di setiap kecamatan, tapi hingga saat ini belum satu pun ada pihak kades atau lurah yang melaporkan terkait perubahan data, kami kesulitan terkait data, apakah kades atau lurah tidak melakukan pendataan sehingga data yang dimaksud tersendat di setiap kecamatan. Sementara Warga malah mendatangi PLN dengan berbagai keluhan.”Katanya.

Penerima subsidi listrik diberikan bagi, konsumen rumah tangga Daya 900 VA terdiri dari dua golongan, yaitu Tarif R-1/900 untuk konsumen miskin dan tidak mampu, golongan listrik tersebut ditetapkan bersubsidi dan tidak mengalami kenaikan tarif.Sedangkan golongan Kedua yaitu Tarif R-1/900 VA RTM(Rumah Tangga Mampu) dalam golongan inilah tidak lagi Disubsidi dan Mengalami Kenaikan Tarif secara bertahap Mulai Januari 2017 kemaren.

“Kami harap para kepala desa dan Lurah segera menyetorkan Revisi data Warga. Sebab pihak PLN tidak memiliki hak dalam perubahan data, kami hanya menerima data dan melakukan eksekusi agar Subsidi Listrik Tepat Sasaran.”Ujarnya (anton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.