Danlanal Tarempa Beri Bantuan Gerobak dan Komputer Untuk Rumah Pintar KBN Desa Tenburun

Foto : Danlanal Tarempa Letkol Laut Pelaut (P) Ibni Jauhari, S.E., M.A. saat meninjau Gapura Kampung Bahari Nusantara, Rumah Pintar “Jala Cendekia” Desa Temburun, Kec. Siantan Timur, Kepulauan Anambas.

IndependenNews.com, Anambas | Usai mengikuti Video Conference bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono dalam rangka Peninjauan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Ranooha Raya Kecamatan Moramo kabupaten Konawe Selatan provinsi Sulawesi Tenggara secara serentak, Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut Pelaut (P) Ibni Jauhari, S.E., M.A. meninjau Gapura Kampung Bahari Nusantara, Rumah Pintar “Jala Cendekia” Desa Temburun, Kec. Siantan Timur, Kepulauan Anambas.

Pada kesempatan Vicon bersama Wakasal ada beberapa atensi dan arahan yang disampaikan diantaranya adalah, selain melaksanakan tugas pokok, TNI Angkatan Laut harus dapat memberdayakan Daerah Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat maritim melalui kegiatan Potensi Maritim di wilayah kerja masing-masing guna membantu masyarakat di beberapa bidang seperti di bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang pariwisata dan bidang kesehatan.”Rabu, 14/12/2022.

“Upaya kita TNI AL mampu berperan membangun bangsa bukan bersaing-saingan, makannya kita perintahkan para Babinpotmar TNI AL untuk selalu koordinasi dengan aparat lainnya baik dengan Kodim maupun Polres, sinergitas kedepan akan lebih baik, kami TNI Polri akan terus bersinergi untuk membangun masyarakat dan bangsa”, jelas Wakasal.

Setelah Vicon selanjutnya Danlanal Tarempa didampingi Pgs. Paspotmar dan Perwira staf menuju Rumah Pintar dan menyerahkan Rumah Pintar ” Jala Cendekia” kepada kepala desa Temburun Bpk. Abdul Karim R.H beserta perlengkapannya, diantaranya 1 Unit perangkat komputer, 1 Unit mesin printer, 1 Unit Telkomsel Orbit star 2 (Penunjang Internet), 1 Unit Stabilizer, 260 buku bacaan, 2 Unit meja baca, 2 Unit meja komputer, 4 bangku duduk dan 1 Unit rak buku.

Selanjutnya dari Rumah Pintar Danlanal Tarempa didampingi Pgs. Paspotmar dan Perwira staf dan diikuti oleh kepala desa Temburun menuju pelantar air terjun dan menyerahkan 6 (Enam) unit gerobak UMKM secara simbolis kepada ketua Bumdes desa Temburun, Sdr. Budiman.

“Sesuai dengan program pimpinan TNI Angkatan Laut khususnya di bidang Potensi Maritim, Lanal Tarempa telah melakukan pemberdayaan potensi yang ada di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Temburun Kec. Siantan Timur, yang mana desa ini merupakan Desa kedua setelah Desa Batu Belah yang menjadi Desa Binaan Lanal Tarempa dan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nusantara”, kata Danlanal Tarempa.

“Dalam Klaster Pendidikan, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa telah memberikan Rumah Pintar beserta fasilitas penunjang lainnya, kemudian pada Klaster Ekonomi, Kami memberikan 6 unit gerobak guna mendukung UMKM Masyarakat Desa Temburun”, lanjut Letkol Ibni.

“Saya berharap, dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat dan khusus Klaster Pendidikan, dengan adanya Rumah Pintar, dapat digunakan sebagai wadah untuk menimba ilmu bagi generasi muda sehingga pada akhirnya dapat mencerdaskan dan memperluas wawasan masyarakat Anambas,” tutup Dan Lanal Tarempa.

Sementara itu, Kepala Desa Temburun, Abudul Karim R.H. sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Lanal Tarempa.

“Atas nama masyarakat Desa Temburun, saya selaku Kepala Desa Temburun mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komandan Lanal Tarempa dan TNI Angkatan Laut yang telah memberikan bantuan serta perhatian kepada kami dan dapat meningkatkan dunia pendidikan serta perekonomian masyarakat Desa Temburun”, ucap Kepala Desa.RS/*

You might also like