Bupati Zahir Panen Demplot Padi Sawah Dan Perdana Tanam Bawang

 

INDEPENDENNEWS.COM, Batu Bara – Kelompok Tani Sidomulyo melaksanakan panen demplot padi sawah, sekaligus perdana menanam bawang, Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam penanggulangan Ketahanan pangan disituasi pandemi covid-19, bertempat di Desa Pematang jering Kecamatan Sei Suka, Senin (4/1/2021).

“Perlu kita ketahui struktur dan iklim tanah pertanian hampir sama seperti di Sumatera Utara terutama di Batubara yang sudah mengandung asam, maka perlu kita cangkul yang lebih dalam agar tanah tersebut menjadi subur kembali,” ungkap Zahir.

Ia mengatakan, saat ini kalau melihat produksi bawang merah di Batubara jauh dari harapan, kalau cabe sudah cukup walaupun sekarang banyak serangan hama.

Menurut Bupati Zahir, tanam padi di Kabupaten Batubara kita sudah memakai pupuk organik, maka terlalu sering kita mengunakannya, maka sel tanah sudah mulai jenuh, maka perlu kita daur ulang.

“Gunakan pupuk organik agar hasil sawah mencapai 8,5 ton/hektar, maka perlu kita lakukan percobaan ditempat yang lain,” ujar Zahir.

Sebelumnya Kadis Pertanian Ridwan mengatakan, penanaman tanaman sampingan setelah padi ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Batubara terhadap petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

“Untuk mensukseskan gerakan tanama bawang diareal sawah ini merupakan tanaman palawija, guna meningkatkan budidaya tanam bawang sebaiknya dapat membaginya dengan petani lainnya,” ucap Ridwan.

Terakhir Ridwan mengatakan, melihat areal pertanian kita semangkin lama semakin berkurang, maka petani perlu kita berikan motivasi dan menerima keluhan para petani.

(ss)

You might also like