Bupati Simalungun Perintahkan Camat Zero Keramba, Pengusaha dan Petani Sepakat di Pangkas

0
143

Independennews.com, Simalungun – Assosiasi Dearma Haranggaol, dipimpin ketua, Pieter Damanik dan sekretaris, Chandra Purba kembali menggelar rapat membahas terkait KJA di Haranggaol, yang sudah over kapasitas.

Adapun yang menjadi Narasumber pada acara itu yakni, Kapolsek Purba, Iptu Marolop Sinaga , Dinas Ketahanan Pangan Simalungun dan Camat Haranggaol, Elisye Sinaga bertempat di Kantor Lurah Haranggaol, Selasa, 30 Maret 2021

Dalam pemaparannya , camat menjelaskan, sesuai Perintah dari bupati Simalungun , Keramba Jaring Apung harus Zero dari Danau Toba wilayah Haranggaol, kabupaten Simalungun.

“Sesuai pertemuan kami sama pak Bupati, kata beliau , Zero KJA. Tapi sudah saya usulkan apa solusi untuk petani, kepada beliau melalui staf yang tinggal, karena beliau ada kegiatan lain ,”Papar Elisye.

Ditambah Elisye, kemarin(29/3/2021) saat 4 camat yang berada di wilayah Danau Toba, di kabupaten Simalungun diundang dalam rapat terbatas tersebut, saat ini para camat mendata KJA dan meminta masukan dari pengusaha dan petaninya.

“Data harus masuk hari ini. Kami sudah buat keputusan hari ini dengan lurah dan Kepling , untuk melaporkan Lahan juga. Manatau yang punya KJA tak punya lahan , mungkin sebagai pertimbangan,”Ujarnya.

Kapolsek purba, Iptu Marolop Sinaga, menyampaikan perintah atasan dalam hal ini Kapolres, AKBP Agus Waluyo.

“Mungkin saat inilah saya berkesempatan menerangkan pada bapak dan ibu terkait perintah komandan (Kapolres) untuk KJA. Bapak Kapolres kemarin bertanya, berapa KJA di lokasi mu (Polsek Purba, Haranggaol-red)? Saya jawab, kira kira komandan lebih kurang 8000 ,”Jelasnya

“Saya menjelaskan juga, itu adalah Keramba masyarakat, selain itu beliau juga menanyakan penanaman modal dari orang luar daerah Haranggaol. Dan sampai beliau bertanya apa permasalahan dari Keramba Haranggaol? Saya jawab, itu komandan soal penambahan KJA hingga timbul kecemburuan sosial, hingga terjadi, pencurian,” Jelasnya.

Dia berharap, Apa yang diharapkan Warga Haranggaol disetujui oleh Pemerintah, sebab dalam mengambil keputusan, pemerintah tetap mempertimbangkan sesuatu.

Sementara,Ketua Assosiasi Dearma dalam pertemuan itu juga membeberkan pertemuan Pengurus Asosiasi dengan Bupati terpilih ,Radiapoh Sinaga juga mengatakan KJA Harus Zero.

“Tapi beliau juga meminta, jika kita perjuangkan, kita harus mau diatur. Jadi, mari sama sama berjuang, karena mungkin Beliau(RHS) merasa juga, mau jadi apa kita ,jika KJA ini di zerokan(Bersihkan). Jadi dalam rapat ini kita harus sepakat bagaimana nantinya KJA kedepan dan apa solusinya?,”Kata Pieter

Pada kesempatan itu juga, Mereka mengadakan diskusi tentang KJA. Dari amatan Jurnalis dilokasi, tampak Pengusaha yang hadir sepakat dalam hal Pemangkasan Keramba dan sepakat ditata serta di hias untuk mendukung Parawisata yang bisa berdampingan dengan perikanan (Aquawisata).

Dalam rapat tersebut, hadir dari Jajaran Koramil 13/Tigarunggu, Kapolpos Haranggaol, Bripka Chairul Sinurat dan pengusaha KJA. (SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here