Bupati Natuna Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

0
369

Independennews.com, Anambas — Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Forum diskusi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), Kamis (12/4/18) di Aula Hotel Natuna Ranai Darat.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk memulai pola hidup sehat, melalui himbauan serta ajakan lewat media spanduk, surat edaran serta pertemuan langsung dengan kelompok masyarakat, dan mengedukasi tentang GERMAS.

dr. Maura lita Sitanngang Selaku Dirjen Parmakes dalam Sambutannya menyebutkan Germas atau yg dikenal Gerakan Masyrakat Sehat Mesti Dilalui dengan 3 item.

“tiga fokus kegiatan (3 pilar) yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), ujar Menkes.

Kebijakan lainnya adalah Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga, dilaksanakan oleh Puskesmas yang mempunyai ciri pertama Sasaran utama adalah Keluarga , kedua Diutamakan Promotif dan Preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM), ketiga kunjungan rumah secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage, keempat Pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

Sementara itu, Bupati Kabuoaten Natuna saat memberikan Sambutannya menyampaikan, Hidup Sehat Itu adalah Penting, untuk masyarakat wilayah Natuna Perbatasan.

” Saya selaku Bupati Natuna Melalui Kepala Dinas Kesehatan Selalu Menghimbau Untuk Masyrakat Natuna Menerapkan Hidup Sehat, Serta Saat Ini Bukan Hanya dari Pihak Kesehatan saja yang mensosialisasikan Ini, tetapi Dari Pihak PKK, Dharmawanita Serta Forum natuna Sehat Juga Terus mengupayakan masyarakat Natuna Untuk Bisa Hidup sehat.” tuturnya

Melalui kegiatan Germas ini diharapkan, masyarakat dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga kedepannya, masayarakat Natuna tahu tentang pola hidup sehat dengan berperilaku CERDIK, dan bisa terjauhi dari keterjangkitan penyakit menular.

Hadir dalam kegiatan Forum diskusi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yakni Bupati Kab.Natuna Drs.Hamid Rizal, Dirjrn Permenkes dr.Maura Lita Sitanggang, Dinkes Provinsi Kepulauan Riau, Kepala BPJS
, Kepala PKK, Kemenag, dan di hadiri tamu undangan lainya.(firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.