BP Batam Gelar Invesment Award 2023, Rudi: Investasi Asing USD 1,2 Miliar dan Investasi Domestik USD 168 Juta

0
239
Foto : Kepala BP Batam Muhammad Rudi

IndependenNews.com, Batam | Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kegiatan tahunan Invesment Awards Tahun 2023 sebagai ajang pemberian penghargaan bagi para pelaku usaha terbaik di Kota Batam, Jumat (27/10/2023) bertempat di Radisson Hotel, Batam Kepulauan Riau.

Kegiatan Invesment Award tahun 2023, BP Batam memberikan 9 kategori penghargaan diantaranya Tokoh Lifetime Achievement, Tokoh Logistik dan Forwarder, PMA Kepatuhan Pelaporan Penyampaian LKPM, PMA dengan Ekspor tertinggi. Selain itu, Kategory PMA dengan realisasi investasi terbesar PMA Manufaktur, PMA dengan Perluasan Terbesar kawasan Industri Terintergrasi terbaik, Perusahaan dengan Tenaga Kerja Terbanyak dan PMA Terbaik.

Dalam Kesempatan itu, Kepala BP Batam H Muhammad Rudi menyampaikan bahwa tujuan BP Batam dan Eco Batam ialah untuk membangun Kota Batam untuk “Terus Melaju Menuju Investasi Baru untuk mencapai Batam Kota Baru”, sekaligus menjadi Tema dalam acara Invesment Awards 2023 ini. Rudi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan para pelaku usaha yang secara bersama-sama telah menciptakan iklim investasi yang baik di Kota Batam.

Menurutnya, Letak Kota Batam sangat strategis yang berhadapan langsung dengan selat malaka sebagai jalur perdagangan super sibuk. Hal itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi Batam yang semakin meningkat. Saat ini, kata Rudi bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Batam dari waktu ke waktu menunjukkan grafik peningkatan yang sangat signifikan.

“Kami sampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada tahun 2022 mencapai 6,48 %, yang mampu menggungguli pertumbuhan ekonomi Nasional yang mencapai 5,31 persen,”ungkap Rudi

Dikatakan Rudi, bahwa pencapaian pertumbuhan ekonomi Batam tersebut tidaklah mudah dicapai, namun berkat kerja keras seluruh stakeholder dan BP Batam secara bersama-sama kompok untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Investasi pada semester I tahun 2023 Modal Asing sebesar USD 1,2 Miliar, dan penanaman modal dalam Negeri USD 168 Juta dengan investasi terbanyak dari Negara Sinagpura, berdasarkan BPS nilai Ekspor semester I Tahun 2023 mencapai USD 7,5 Miliar dan nilai inpor mencapai USD 7,2 Miliar,”bebernya

Menurutnya, salah satu faktor penunjang investasi adalah situasi investasi yang kondusif dan kelengkapan infrastruktur sebagai faktor pendukung untuk kelancaran usaha dan investasi yang merupakan dambaan para investor. Oleh karena itu, BP Batam terus memaksimalkan kelengkapan Infrastruktur.

Saat ini, kata Rudi, BP Batam telah mengembangkan Bandar Udara Hang Nadim Batam dengan membangun terminal 2 dan merenovasi terminal I, Hal itu sangat berpotensi memberikan multi Efek bagi aktivitas penumpang dan Masyarakat Kota batam dalam jangka panjang. Selain itu juga memperlancar abstrak masuknya kapal di Batam. “BP Batam berkonsenterasi membangun akses menuju lokoasi tersebut, selain itu BP Batam terus meningkatkan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar Batam,”ujarnya

Hadir dalam kegiatan Invesment Award 2023 yakni Wakil Gubernur Kepri, Danlanrtamal IV Batam, Ketua DPRD Kota Batam, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Kepri) dan Farkopimda Kota Batam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para Insan Pers Kota Batam. (er)

  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here