Bisnis Rokok Tanpa Cukai Marak di Kabpaten Lingga

0
670
Poto : salah seorang pembagi rokok tanpa beacukai (dok)

Lingga – Rokok tanpa Cukai marak beredar di wilayah kabupaten Lingga. Perederan rokok tanpa cukai ini diduga dikendalikan oleh mafia yang dibekingi aparat berwajib. Pasalnya bisnis ilegal ini marak hingga ke desa desa diwilayah lingga seakan luput dari pengawasan aparat penegak hukum.

Pantauan dilapangan, seorang pedangang bernama Minghu yang mengaku sebagai Pedangang ikan. Dia sebenarnya bukanlah seorang pedangang ikan, melainkan hanya Modus untuk mengelabui petugas, ia berlagak seorang pedangang ikan keliling.

“Minghu berpura pura sebagai pedangang ikan keliling, Pasalnya isi dalam keranjangnya adalah rokok Tampa cukai siap edar. Minghu salah satu pengedar rokok tanpa cukai ke seluruh desa di kecamatan Singkep Barat.

Ketika di konfirmasi media ini, Minghu mengaku rokok tanpa cukai yang di edarkannya bukanlah miliknya.

“yah, rokok ini bukan milik saya, saya hanya menyalurkan saja kesejumlah toko, ini milik Ahyong pemilik toko, Candi jaya,” akunya kepada awak media ini.

Ia juga mengaku bermacam jenis merek rokok tanpa cukai yang ia edarkan, dipasok dari Batam oleh Ahyong, kemudian disebarkan lewat pengencer seperti saya,” tutur Minghu

Peredaran rokok Tampa cukai di wilayah kabupaten lingga semakin marak terjadi. Hal itu acapkali luput dari pengawasan dinas terkait ataupun aparat penegak hukum.

Menurut sumber yang dipercaya mengatakan peredaran rokok ilegal Diwilayah Kabupaten Lingga sudah sering kali diamankan petugas.

“Memang, kata sumber rokok ilegal atau rokok tanpa cukai ini dipasok dari Batam melalui kapal Verri atau kapal Roro ke pelabuhan Jagoh.”Katanya

Lanjut sumber, meskipun ada tidakan aparat penegak hukum atas peredaran rokok ilegal ini, tidak menyurutkan atau menghentikan bisnis rokok tanpa cukai di Wilayah kabupaten Lingga.

“Sepertinya rokok tanpa cukai ini ataupun rokok ilegal ini sangat sulit diberantas, saya sendiri bingung ko bisnis ilegal ini terkesan tidak mampu diberantas aparat penegak hukum. Sementara rokok ilegal ini ada dimana mana seperti toko, toko kelontong dan warung warung. sehingga persediaan rokok tanpa cukai ini melimpah ruah di wilayah Kabupaten Lingga.”Katanya

Cara cara menyalurkan rokok ilegal ini tergolong sangat unik, rokok dikemas di dalam kotak piber ikan, salah satunya seperti yang dilakukan pedangang ikan bernama Minghu ini. ( Su )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here