Berburu Ta’jil Buka Puasa di Pusat Kota Banda Aceh

IndependenNews.com, Aceh | Menjelang berbuka puasa di bulan ramadhan, hampir disetiap pinggir jalan pusat Kota Banda Aceh, menyediakan menu berbuka puasa. Segala jenis makanan dan minuman dijajakan para pedagang, sembari menunggu berbuka, warga pun berburu ta’jil.

Pantauan Awak Media ini, Sabtu (9/4/22) sekitar Pukul 17.00 WIB, Salah satu kawasan yang ramai dipenuhi pedagang yang menjual menu berbuka, seperti kawasan seputaran Pasar Aceh belakang Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Setiap menjelang berbuka, kawasan ini penuh sesak oleh para pembeli dan penjual yang menyediakan ragam jajanan berbuka.

Ditempat ini, para pedagang menjajakan makanan berbuka dengan menggelar lapak berupa meja-meja, dan semuanya jenis makanan tertutup rapat, dan bersih.

Pembeli dapat memilih berbagai jenis ta’jil seperti kue lemang, bubur sagu, bubur ketan hitam, ataupun berbagai jenis kue yang dikemas dengan wadah plastik. Tersedia juga ragam minuman, seperti air tebu, cendol, dan juga jus buah, Es buah.

Di tempat ini harganya sangat bervariasi, dari Rp1.000 hingga Rp10 ribu rupiah, warga dapat membawa pulang berbagai jenis makanan, dan minuman untuk disantap bersama keluarga saat berbuka.

Salah satu penjual beraneka minuman, Isa (32) mengaku sangat bersyukur dengan hadir bulan penuh berkah ini.

“Alhamdulillah dengan bulan Ramadhan ini banyak rezeki, saya menjual minuman cendol, es teler dan es buah, Dan dagangan saya sudah hampir habis.” katanya kepada  IndependenNews.com.

Isa juga menjelaskan, pasar ta’jil dadakan tersebut mulai buka sore hari dan tutup saat waktu berbuka puasa.

“Banyak makanan disini yang di jual seperti, lemang, mie caluk, aneka gorengan, semua ada. Pasar ini khusus bulan ramadhan aja dibuka, nanti kalau sudah waktu berbuka kami sudah tutup,” Kata Isa.

Sementara itu, agam salah satu pemburu ta’jil mengatakan, ia setiap tahunnya membeli menu berbuka puasa di pusat kota karena terdapat ragam aneka menu berbuka yang ia suka.

“Hari pertama puasa sangat rame pemburu takjil, saya memang sering disini membeli menu berbuka karena banyak jenis makanannya dan hargapun terjangkau,”tutupnya. (man).

You might also like