Bawaslu Karimun Sebut Tiga Caleg Lakukan Pelanggaran

0
666

Karimun, Independennews.com –Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun menggelar korfrensi Pers terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan beberapa calon Legislatif, pada Rabu 14 November 2018, di Kantor Bawaslu Kel. Baran Timur Kec. Meral Kabuoaten Karimun Provinsi Kepri.

Ketua Bawaslu Hidayat mengatakan, dugaan pelanggaran itu terjadi diwilayah Kp. Baru Desa selat Mie Kec. Moro. Adapun oknum caleg yang melakukan dugaan pelanggaran yakni berinisial, saudara AK calon DPRD Prov. Kepri dapil Batam, saudara ET calon DPR RI dapil Kepri, dan saudari ICA calon DPRD prov. Kepri dapil Karimun dan inisial partai politik P.

Dikatakan Hidayat bahwa pihaknya telah melakukan berbagai proses klarifikasi dengan 17 orang saksi yang terdiri 3 pelapor, 3 terlapor, 2 saksi ahli, dan 9 saksi terkait dengan 6 bukti yang sudah terkumpul yaitu foto, video, baju kaos, bendera, para bola, dan dokumen lainnya.

Pelanggaran itu dijerat dengan pasal 521 maupun 523 junto pasal 280 ayat 1 huruf j, dengan ancaman dua tahun penjara, yang melakukan atau memberikan uang kepada peserta pemilu untuk mempengaruhi peserta tersebut

Sementara itu, Tiur Rida Silitonga anggota Bawaslu mengatakan, bahwa Bawaslu sudah melakukan pencegahan sebelum penindakan, seperti sosialisasi sebelumnya yang pernah dilakukan di hotel alishan karimun.

Selanjutnya Ketua Bawaslu mengatakan, perkara ini kami serahkan kepihak kepolisian dan akan berlanjut ke kejari karimun.

“jauh dari kata sempurna serta semaksimal mungkin sudah kami lakukan penyelesaian berkas dugaan pelanggaran tindak pidana ini”

Beliau berharap agar perkara ini bisa P21 dan tidak di P19 kan, pada mediasi Ketua Bawaslu Hidayat didampingi Tiur Rida Silitonga Anggota Bawaslu dan Muhammad Fadli Devisi Hukum Bawaslu.(razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here