ASN Disdik Anambas Dibekali Pemahaman Saber Pungli, Haris Minta Dunia Pendidikan Bersih Pungli

0
817

Independennews.com, Anambas — Pemkab KKA menggandeng UUP Provinsi Kepri untuk mensosialisasikan Saber Pungli kepada Aparatur Pemerintahan dan Dunia Pendidikan ( Menjujung Tinggi Marwah Negeri dalam mewujudkan Pemerintahan Bebas Pungli di KKA ), Jumat (4/5/18) di Gedung BPMS jln imam bonjol kel Tarempak Kec siantan KKA.

Kegiatan ini mengusung tema dengan Tema , “Di dalam Bidang Pendidikan diharapkan untuk menciptakan generasi muda atau sumber sumber manusia yang hebat dan berpendidikan, di mohon agar para guru tidak terlibat dalam pungli di sekolah. Ketua Saber Punli KKA Kompol Rizal amin memberikan membacakan laporan hasil kerja Tim Siber Pungli.

Dalam kesempatan itu, Bupati KKA Abdul Haris SH dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi Saber Pungli mengatakan, Pungli (pungutan liar ) memang sudah harus bersih dari dunia pendidikan. Untuk mencegah tindakan pungutan liar perlu masing masing pelaku dunia pendidikan mengetahui apa itu Siber pungli.

” Jangan sampai terkena saber pungli, kita perlu memahami Metode yang diterabkan dalam saber pugli / sapu bersih punggutan liar, oleh karena itu perlu kita ketahui metode dan cara cara saber pungli. Dengan sosialisasi ini kita dapat mengetahui cara cara Pencegahan , Penindakan, tangkap tangan.” ucapnya

Hal ini dilakukan, Kata Haris guna terwujudnya pemerintahan kepulaan Anambas bersih dari pungutan liar.

Kombes Pol Drs Sunarwan sumirad Dirbinmas Polda Kepri selaku Ketua Pokja Pencegahan UPP Prov Kepri, Hadir sebagai nara sumber, Dia memaparkan Dasar Pepres 86 thn 2016 tentang sapu bersih pungutan liar.

Kata Sunarwan, Pungli itu adalah dibidang pelayanan publik guna peningkatan ekonomi , yang lupa dengan visi dan misi dalam penggurusan Ijin.

“Latar belakang Pungli, Penyalahgunaan wewenang, Faktor mental, Faktor ekonomi, Faktor Kultur dan budaya organisasi, Sosialisasi dibidang pendidikan sesuai dengan Tema di dalam Bidang Pendidikan diharapkan untuk menciptakan generasi muda atau sumber sumber manusia yang hebat dan berpendidikan, di mohon agar para guru tidak terlibat dalam pungli disekolah.” terang sunarwan

Ada beberapa hal upaya Strategi Pemberantasan Pungli yakni pertama Membangun budaya / Anti pungli baik masyarakat , Aparatur maupun pengusaha.
Kedua Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dlm gerakan Nasional pemberantasan pungli ” Pemda Bebas Dari Pungli ”
Sementara Strategi Prepentif  atau Pencegahan  dengan Melakukan pemetaan rawan pungli disetiap kementrian atau lembaga dan Pemda, Mengoptimalkan fungsi satuan pengawasan Internal, Mengoptimalkan sistim pelayanan publik yang prima berbasis Teknologi dan Infornasi.

Dan ada juga Strategi Represif  atau penegakan hukum  yakni Menindak Tegas Terhadap Oknum Aparat Penyelengara Negara / Pegawai Negeri , Masyarakat yg terlibat dalam pungutan liar seauai ketentuan Per UU yang berlaku

Hadir dalam acara tersebut , Bupati KKA Abdul Haris SH, Kombes Pol Drs Sunarwan sumirad Dirbinmas Polda Kepri selaku Ketua Pokja Pencegahan UPP Prov Kepri, Ir Yuda prayetno Msi Sekretaris Inspektor Prov Kepri , Palaksa Lanal Tarempak Mayor laut P Budi darmawan , Pabung Kodim 0813 / Natuna Mayor Kav Haryono, Staf ahli Bupati KKA Drs Mirwan , Wakapolres KKA Kompol Rizal amin SH, Danramil 02 Tarempak Kpt Inf Samsuarno, Kacab Jari Tarempak ibu Natani SH, Kasat Intel Polres KKA Iptu Bukhori, Kasat Reskri Polres KKA Akp Feri kurniwan, Kepala Dinas Kesehatan Heriyanto, Kepala Dinas Pendidikan Andi agrial, Camat se Kab Anambas
, Kepala Desa / Rt / Rw se Kab Anambas, Guru se kab Anambas . (firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here