Ahmad Rosano Desak Bawaslu Beri Sanksi Kepada Oknum PNS Terlibat Kampanye

0
70

Batam – Presiden LSM Suara Rakyat Keadilan (SRK), Akhmad Rosano mendesak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam, agar memberikan sanksi tegas terhadap oknum Pegawai Negeri Sipil Kota Batam yang berkampanye.

Hal ini disampaikan Ahmad Rosano, dalam sebuah pertemuan dengan para wartawan, Minggu (3/3/19) di Bilangan Nagoya, Batam.

Dikatakan Rosano, larangan ASN ikut berkapanye diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang menyebutkan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk kepala desa, aparat desa, serta badan permusyawaratan desa (BPD), dilarang memihak atau menguntungkan salah satu calon dalam pilkada. Apabila terbukti melanggar, hukumannya kurungan penjara satu tahun dan denda Rp 12 juta.

” Apabila Bawaslu tidak mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana yang telah diamanatkan oleh negara dengan baik, sebaiknya Bawaslu di bubarkan saja.”Ujar rosano

Salah satu oknum PNS pemko Batam, Imam Tohari yang mejabat Kasi Trantib di Satpol-PP, diduga telah melakukan kampanye terselubung dengan mempromosikan salah satu Caleg Dapil III Batam bermana Kamaludin dari Partai Nasdem, bahkan isi kampanye Imam Tohari duduga mengandung Isu Sara. Kampaye Imam Tohari sebagai ASN yang semestinya netral, telah menodai demokrasi yang dibangun dengan Kebinekaan.

Ahmad Rosano berharap , Bawaslu Batam memberikan sanksi tegas sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, sebagai efek jera bagi ASN yang melakukan kampanye.

“Jika tidak ada sanksi bagi oknum ASN yang terlibat kampanye, bahkan isi kampaye nya bermuatan isu sarah, maka akan memungkinkan ASN lain melakukan hal yang sama. Apabila Bawaslu tak mampu menegakkan UU No 7 tentang pemilu, Saya meminta Kapolda dan Kapolres menegur Ketua Bawaslu Batam.

Dia juga berharap apabila Bawaslu Batam tidak melakukan langkah tegas dalam kasus ASN ini, maka Ketua Bawaslu Harus di Copot dari Jabatannya sebagai Ketua.” Tegasnya (Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.