53 OTG di Lingga Jalani Tes Swab

0
222

LINGGA, INDEPENDENNEWS.COM — Sebanyak 53 orang berstatus Orang Tampa Gejala (OTG) di Dabo Singkep Kabupaten Lingga hari ini, Rabu ( 3/6/2020) mengikuti Swab tes Covid 19, bertempat di Pagoda Dabo.

Ke 53 orang tersebut merupakan orang yang telah berhubungan langsung dengan salah satu pasien berinisial (S) warga Dabosingkep, yang telah meninggal dunia baru baru ini di Batam dugaan positif covid-19

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra, menyampaikan, 53 orang yang menjalani tes Swab tersebut, 34 diantaranya adalah karyawan di RSUD Dabo, selebihnya adalah keluarga dan kerabat Almarhum yang sebelumnya pernah di rawat di RSUD Dabo, kemudian di rujuk ke Batam dan meninggal dunia.

“Menurut Kementerian Kesehatan, orang dengan status OTG, diharuskan menjalani tes Swab untuk di ambil sampelnya agar dapat memastikan apakah mereka negatip ataupun positip.

Petugas yang mengguna alat Polymerase Chain Reaction ( PCR ) merupakan Tim dari Balai Tekhnik Kesehatan Lingkungan ( BTKL) Pengendalian Penyakit kelas 1 Batam kemudian dibantu petugas dari Dinas kesehatan Provinsi Kepri.

Tim sendiri dalam hal ini, selain mengambil Sempel dari OTG, juga melakukan training kepada petugas / Analis yang ada di kabupaten Lingga. Dengan harapan jika nantinya ada kasus di Lingga, mereka sudah dapat mengambil samplenya sendiri tinggal hanya menunggu hasilnya saja dari BTKL.

” Untuk hasil OTG yang telah menjalani tes pengambilan Sempel hasilnya di perkirakan Senin ini sudah dapat di ketahui”. Mudah mudahan hasilnya tidak ada yang positif,” kata Wirawan ( Juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here