UPN Veteran Yogyakarta Serahkan Nama Peserta UKW Batam ke Dewan Pers

0
135

INDEPENDENNEWS.COM, BATAM – Wartawan di kepulauan Riau antusias mengikuti UKW (uji kompetensi wartawan ) gratis yang difasilitasi Dewan pers dan diselenggarakan UPN Veteran Yogyakarta di Batam, pada Maret 2021 mendatang, berbagai perusahaan pers televisi, cetak dan media siber mengikutkan wartawannya.

Antusias para wartawan Kepri untuk ikut memgikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini terlihat dari banyaknya peserta UKW yang mendaftar sampai batas akhir pendaftaran. Setidaknya sebanyak 151 orang yang ikut mendaftar dari berbagai daerah di wilayah Kepulauan Riau melalui via google form, dan berkas peserta yang memenuhi persyaratan sudah di serahkan oleh penyelenggara UPN Veteran Yogyakarta ke Dewan Pers.

Susilastuti Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta mengatakan, kuota yang diberikan Dewan pers untuk UKW gratis di Batam hanya 54 orang yang dibagi 9 kelompok, sementara yang mendaftar 151 orang, maka UPN Veteran Yogyakarta selaku penyelenggara melakukan seleksi dan verifikasi termasuk platform calon peserta sesuai ketentuan yang di minta Dewan pers.

“Dari hasil seleksi dan verifikasi yang kita lakukan, penyelenggara meloloskan 60 orang calon peserta yang diserahkan ke Dewan pers selanjutnya yang di nyatakan lolos menjadi peserta akan di hubungi melalui email,” sebutnya.

Sebelum mengikuti ujian, tambah Susilastuti, semua peserta UKW Dewan Pers diwajibkan mengikuti pra-UKW secara online.

“Peserta akan mengikuti  pra test dan post test, dengan pemateri dari dewan pers dan UPN Veteran Yogyakarta untuk pemahaman mengenai filosofi kompetensi wartawan, kode etik jurnalis dan kompetensi dasar wartawan Indonesia.” Tutup Susilastuti (R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here