PPKM Skala Mikro Kembali Diberlakukan, Begini Aturan Barunya

0
152

 

JAKARTA, Penetapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diberlakukan dan akan digelar besok, Selasa 09 Februari 2021. PPKM dalam skala mikro akan diberlakukan di pulau jawa dan bali mulai dari tanggal 09 s/d 22 Februari 2021.

Hal tersebut sesuai dengan aturan tertulis dalam instruksi Mendagri Tito Karnavian Nomor 3 Tahun 2021, tentang PPKM dan Pembentukan posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan.

Dilansir dari media Kumparan, PPPK dalam skala mikro akan diterapkan dalam tingkat RT berdasarkan zona. Pembagian zona tersebut dibagi menjadi 4 zona yaitu zona hijau, kuning, orange dan merah.

Zona hijau atau disebut juga zona aman adalah zona tanpa kasus covid-19, zona kuning (1-5 rumah dengan kasus positif), zona orange (6-10 rumah dengan kasus positif) dan zona merah (lebih dari 10 rumah dengan kasus positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir).

Kebijakan yang diinstruksikan oleh Mendagri ini akan dikoordinasikan langsung dengan ketua RT/RW setempat, ketua adat hingga Karang Taruna. Selama program ini berjalan, rumah ibadat, tempat umum dan tempat bermain anak akan dilarang. Selain itu, kerumunan yang melebihi 3 orang juga akan dilarang. PPKM mikro juga akan membatasi keluar masuk wilayah RT tertentu maksimal pukul 20.00. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here